Widget HTML Atas

Apakah Penggunaan Foto Stok Dapat Berpengaruh pada SEO?

Dampak Foto Stok pada SEO
Dampak Foto Stok pada SEO

Dampak Penggunaan Foto Stok

Salah seorang praktisi SEO bernama Google John Mueller angkat bicara tentang dampak fotografi pada SEO. Beliau menjelaskan tentang korelasi antara penggunaan foto stock yang beredar dengan optimasi SEO. Bagaimana penjelasannya? Simak di bawah ini.

Belum lama ini, salah seorang pengguna twitter bertanya kepada Google John Mueller perihal dampak penggunaan foto stok pada SEO. Apakah hal tersebut dapat mempengaruhi SERP? 

Sebenarnya pertanyaan seperti ini muncul karena ada yang bilang, bahwa penggunaan konten/media yang tidak 100% original dapat mempengaruhi peringkat pada mesin pencari

Google John Mueller pun menjawab, yang lebih kurang maknanya:
Untuk pencarian web secara langsung tidak masalah
Maksudnya adalah penggunaan gambar dari foto stok tidak memiliki masalah dengan optimasi mesin pencari. Ini secara umum.

Apakah Berpengaruh Buruk pada SEO? 

Mungkin sebagian orang kurang setuju dengan pendapat Google John Mueller terkait penggunaan foto stok tersebut. Tapi jika dipikir-pikir, apa yang disampaikan John di atas cukup masuk akal. Pasalnya, tidak sedikit situs besar yang mendominasi halaman pertama mesin pencari, ternyata menggunakan foto stok sebagai media gambar pada kontennya.

Sebagian lainnya berpendapat, konten yang tidak original akan berdampak negatif pada mesin pencari. Tentu saja hal tersebut dapat dibenarkan. Akan tetapi, ada beberapa kondisi dimana sebuah konten yang tidak original, namun tetap memiliki skor optimasi SEO yang baik.

Memang benar, jika kita menggunakan foto stok di dalam konten, maka konten tersebut tidak lagi 100% original. Sebab foto tersebut tentu sudah digunakan oleh banyak orang. Akan tetapi, jika Google memberlakukan aturan “foto wajib 100% asli”, maka yang terjadi adalah setengah dari hasil pencarian internet pasti akan terganggu.

Apakah Relevansi Gambar Dapat Berpengaruh Pada Cuplikan Unggulan Google?

Dampak penggunaan foto stok terhadap SEO
Cuplikan Unggulan - Ilustrasi

Mungkin ada yang bertanya, apakah penggunaan gambar yang relevan dengan topik dapat meningkatkan peluang munculnya cuplikan unggulan?
Mengamati gambar yang muncul pada cuplikan unggulan Google adalah salah satu cara terbaik untuk menilai, seberapa besar kinerja relevansi konten dengan jenis gambar yang digunakan. Adapun terkait penggunaan foto stok secara khusus, apakah berpengaruh untuk mendapatkan cuplikan unggulan? Hal ini masih diperdebatkan.
Hanya saja, sejauh ini kami melihat pada cuplikan unggulan Google, ada kaitan yang cukup erat antara konten web dengan relevansi gambar.

Kesimpulan

Pada tulisan singkat ini kami memiliki beberapa kesimpulan terkait dampak penggunaan foto stok terhadap optimasi search engine. Beberapa kesimpulan tersebut antara lain yaitu:
  1. Secara umum penggunaan foto stok sebagai media gambar di dalam konten web, tidak memiliki dampak apapun terhadap mesin pencari.
  2. Salah satu dampak jika Google memberlakukan aturan gambar wajib 100% original, maka hal tersebut akan mengganggu tatanan hasil pencarian saat ini. Sebagaimana kita ketahui, banyak jajaran konten page one menggunakan foto stok sebagai media image.
  3. Anggapan tentang konten yang SEO adalah wajib 100% original (mulai dari teks hingga gambar) adalah relatif. Bisa benar, namun bisa juga tidak. 
  4. Meskipun tidak mutlak, namun mayoritas konten yang muncul di dalam cuplikan unggulan Google, umumnya menggunakan gambar yang relevan dengan topik konten.
Mungkin ini saja berita kali ini terkait search engine optimization, semoga bermanfaat dan membantu para blogger dimana pun Anda berada. Untuk mendapatkan informasi terbaru seputar optimasi SEO dan digital marketing, pantau terus situs SEO Kilat. Terima kasih atas perhatiannya. Jangan lupa! bagikan artikel ini ke media sosial, jika menurutmu apa yang telah kami sampaikan bermanfaat. 

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.