Widget HTML Atas

Cara Membuat IGTV Paling Lengkap dan Mudah

 
Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV Paling Lengkap dan Mudah
Cekit bro.. Ini artikel santai, ditulis oleh orang santai pula yang tidak lain tidak bukan pengelola blog tahukah kamu a.k.a akhbar. Sesuai judul di atas, kali ini kita akan menghadirkan sebuah tutorial sederhana namun lengkap, terkait cara membuat IGTV. 

Yaudah, daripada bengong, yuk langsung aja cekidot artikel selengkapnya di bawah ini, tapi sebelum itu, artikel cara membuat IGTV ini akan kita bagi menjadi beberapa sub topik. Jadi kamu atau Anda bisa pilih salah satunya yang cocok dengan kamu yah. Let's Go! 

Cara Membuat IGTV Melalui Android

Bisa dibilang cara paling mudah untuk membuat IGTV yaitu melalui platform Android. Terang saja, karena kita hanya cukup mengikuti beberapa langkah sederhana, seperti berikut ini. 
1. Masuk ke dalam aplikasi instagram Anda. 
2. Pada halaman utama atau home, di sebelah bawah atau menu bar bawah, terdapat logo pencarian. Klik logo tersebut. 
3. Setelah mengklik logo tersebut, Anda akan di bawa ke dalam halaman opsi, dimana pada halaman tersebut terdapat button IGTV. Lihat sebelah kiri atas. Tapi button tersebut.
4. Setelah me-tap button IGTV, anda akan masuk ke halaman video IGTV. 
5. Pada tahap ini kita telah berhasil masuk ke dalam menu IGTV. Kita bisa menikmati layanan video dari IGTV secara gratis, termasuk mengupload video yang kita miliki.

Bingung ya? Anda tidak perlu bingung, sebab setelah mengalami update baru-baru ini, instagram secara otomatis telah memberikan satu channel IGTV kepada setiap akun instagram yang telah terverifikasi. Adapun nama channel IGTV yang diberikan kepada setiap akun, tentu disesuaikan dengan nama akun instagram secara default. 

Jadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara membuat IGTV, karena channel telah digenerate secara otomatis oleh pihak instagram. 

Cara Membuat IGTV Melalui Komputer atau PC

Tidak jauh berbeda dengan kondisi IGTV di Android, tidak ada cara khusus untuk kita membuat channel IGTV. Sebab seperti yang kita sampaikan di atas, setiap akun instagram yang telah terverifikasi akan memiliki satu buah channel IGTV sesuai dengan nama akun instagram yang dimilikinya. 

Cara Upload Video di IGTV

Ada tiga cara di sini, yaitu upload video IGTV melalui aplikasi instagram, melalui IGTV for Android, dan melalui PC atau komputer. Meski ketiganya sama saja, namun berikut tutorial selengkapnya. 

Upload video di IGTV Melalui Aplikasi Instagram

Saya anggap Anda telah masuk ke halaman utama instagram. 
1. Tap logo pencarian pada menu bar bawah.
2. Setelah melakukan tap pada logo pencarian, Anda akan dibawa masuk ke halaman baru. Lihat sebelah kiri atas ada button IGTV. Silahkan tap button tersebut. 
3. Setelah men-tap button IGTV, tap tanda "plus".
4. Berikutnya silahkan pilih video yang ingin Anda upload pada channel IGTV Anda. 
5. Jangan lupa, isi judul dan deskripsi video Anda untuk menghasilkan relevansi video kepada user lainnya. 
Cara Membuat IGTV di Android
Cara Membuat IGTV di Android

Catatan: Durasi video IGTV yang hendak diupload minimal 1 menit dan maksimal 60 menit untuk saat ini. 

Upload Video di IGTV melalui IGTV for Android

Tidak ada yang berbeda dengan cara upload video di IGTV melalui aplikasi instagram, atau melalui aplikasi IGTV for Android. Hanya saja, bila melalui aplikasi IGTV for Android upload video akan lebih cepat dan sederhana. 

Karena saat berada di halaman utama, kita dapat langsung mengakses panel upload video yang berada di sebelah kanan atas layar aplikasi. Selanjutnya seperti biasa, kita cukup mengisi judul, dan beberapa deskripsi video untuk menjelaskan isi video kita secara singkat. 

Upload Video IGTV Melalui PC

Adapun cara upload video IGTV melalui PC atau laptop, Anda bisa masuk terlebih dahulu ke akun Anda melalui situs instagram.com. Setelah Anda masuk ke halaman utama, lihat gambar profil akun Anda disebelah kanan atas pojok. Klik gambar profil tersebut. Maka Anda akan masuk ke halaman detail profil akun Anda. 

Pada halaman ini, tepat di tengah-tengah layar kita bisa melihat beberapa tab menu. Saved, tagged, post, dan salah satunya yaitu tab menu IGTV. Nah, silahkan klik tab IGTV. 
Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV di PC


Setelah mengklik tab IGTV, dibagian bawah akan muncul menu button upload. Langsung saja klik button upload jika Anda ingin mengupload video Anda ke channel IGTV milik Anda. Seperti biasa, untuk lebih lengkap, jangan lupa isi judul dan deskripsi video Anda yah. Jika sudah, silahkan kirim videonya. 


Cara Membuat Video IGTV Lebih Menarik dan Berkualitas

Untuk membuat sebuah video yang menarik dan enak dilihat, tentunya tidak lepas dari kualitas audio maupun video itu sendiri. Nah, berikut di bawah ini adalah beberapa tips atau saran bagi Anda yang ingin membuat video IGTV menjadi lebih menarik dan berkualitas. 

1. Gunakan Aplikasi Video Editor

Biasakan sebelum Anda mengupload video Anda ke IGTV channel, lakukanlah editing video. Anda tidak disarankan mengupload video secara mentah ke channel. Bila Anda mau sedikit meluangkan waktu, dengan memanfaatkan aplikasi video editing, kualitas video Anda akan jauh lebih mapan bila dibandingkan dengan video mentah tanpa editan. 

2. Pakai Audio Editor dan Voice Memo

Untuk tahap ini kamu bebas, sebab ada banyak aplikasi editing audio dan voice memo yang bisa kamu pilih di PlayStore. Selain meningkatkan kualitas visual, tentu yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas audio pada video IGTV TV kita. 


3. Pakai Tripod Bila Perlu

Salah satu cara untuk membuat video IGTV yang berkualitas adalah dengan menjaga agar video yang kita rekam tetap fokus. Penggunaan tripod dalam hal ini bisa menjadi solusi, agar video kita tampak lebih profesional karena visualisasi yang benar-benar fokus dan tidak bergeming. 

Keuntungan Membuat IGTV
Bro.. Ini sudah masuk zaman digital. Seluruh properti digital bisa menjadi aset berharga bila kita mampu mengelolanya dengan baik. Terlebih lagi instagram, baru-baru ini platform sosial media ini telah mengumumkan diri bahwa pemilik channel IGTV bisa mendapatkan uang atau penghasilan dari video channel yang dia miliki. Sejauh informasi yang saya dapat, pemilik channel IGTV akan mendapatkan keuntungan dari iklan tayang sebesar 50% dari cost pengiklan terhadap instagram. Boleh dikoreksi bila salah. 

Nah, berdasarkan berita tersebut, tentu hal ini menjadi angin segar bagi para pegiat sosmed. Dimana mereka dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dari video yang mereka upload. 

Mungkin ini saja bro yang bisa saya share kali ini. Kali aja bermanfaat buat para pembaca, atau para user yang sedang mencari cara membuat IGTV untuk menghasilkan uang. 

Terima kasih atas perhatiannya, sampai jumpa dan JANGAN LUPA SHARE BRO. Share ke WA teman mu yah. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.