Widget HTML Atas

Tata Cara Mandi Junub Sesuai Sunnah

Tata Cara Mandi Junub Sesuai Sunnah
Tata Cara Mandi Junub Sesuai Sunnah

Tata Cara Mandi Junub Sesuai Sunnah

Tata cara mandi junub sesuai sunnah yang paling ringkas cukup mengguyur seluruh tubuh, ini sudah memenuhi, rukun dalam mandi junub.
Niat adalah amalan hati, tidak diucapkan dengan nawaitu atau usoli. inilah yang diajarkan oleh baginda Muhammad rasulullah ﷺ, dan niat hanya Allah ta’ala yang mengetahuinya. Dan perlu diketahui pula, berdasarkan ijma’ (kesepakatan) para ulama sebagaimana yang telah dinukilkan oleh Ahmad bin Abdul Harim Abul Abbas al Haroni didalam majmu’ fatawanya bahwa niat itu tempatnya berada di dalam hati dan bukanlah di lisan.
Membasuh/mengguyur seluruh tubuh, itu sudah memenuhi rukun dalam mandi junub karena firman allah سبحانه وتعالى: "(jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi.”(Qs. an nisa: 43),
dan jika kamu junub maka mandilah..
…” (QS. al maidah: 66).
Terlebih lagi, hakekat mandi itu sendiri telah disebutkan di dalam hadits yaitu meratakan air ke seluruh tubuh. Sebagaimana hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha yang menceritakan tata cara mandi nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia menyebutkan: 
ثُمَّ يُفِيضُ الْمَاءَ عَلَى جَسَدِهِ كُلِّهِ
“kemudian beliau mengguyur air pada seluruh badannya.” (HR. an nasa-i no. 247)

Ibnu Hajar Al-asqalani mengatakan,
هَذَا التَّأْكِيد يَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ عَمَّمَ جَمِيع جَسَدِهِ بِالْغُسْلِ
“penguatan makna didalam hadits ini menunjukkan bahwa tatkala beliau mandi, (maka beliau) mengguyur air ke seluruh tubuh. ” (fath al-bari, 1: 3611)

Salah seorang Imam, yakni Imam Asy Syaukani Rahimahullah menyebutkan, “adapun mendahulukan mencuci anggota wudhu ketika mandi, bukanlah perkara yang wajib. Apabila seseorang telah mengguyurkan air ke seluruh badan tanpa didahului dengan berwudhu sekalipun, maka hal itu sudah cukup disebut dengan mandi (Al ghuslu). (-Bahasa editor
Maka kesimpulan dari tulisan kecil ini adalah tata cara mandi junub yang ringkas sesuai sunnah yaitu cukup menguyurkan air ke seluruh tubuh secara merata, dan mandi junub telah sah meskipun tanpa diawali dengan wudhu. Sebab dengan mengguyur air keseluruh tubuh saja, sudah memenuhi rukun dalam mandi junub.

Amalan Sunnah Saat Mandi Junub

Meskipun dengan mengguyurkan air secara merata keseluruh tubuh telah memenuhi syarat sah mandi junub atau mandi wajib, namun terdapat beberapa amalan sunnah yang apabila dikerjakan tentu akan menambah daftar amal sholeh kita. Berikut di bawah ini adalah beberapa amalan sunnah saat mandi wajib atau mandi junub atau mandi janabah.

1. Mencuci kedua tangan terlebih dahulu sebanyak 3 kali sebelum tangan dimasukkan kedalam bejana atau sebelum mandi.
Adapun tujuan dari mencuci tangan sebelum mandi junub (mungkin) untuk menjaga kebersihan tangan agar jangan sampai air  yang akan kita gunakan tercemar oleh kotoran yang masih menempel di tangan kita. 
2. Membersihkan atau mencuci kemaluan dan kotoran yang ada dengan tangan kiri.

3. Membersihkan atau Mencuci tangan setelah selesai mencuci kemaluan dengan menggosokkan ke tanah atau dengan menggunakan sabun.

4. Berwudhu sebagaimana wudhu yang dilakukan sebelum sholat. 

5. Mengguyurkan air ke kepala sebanyak 3 kali hingga sampai ke pangkal rambut.

6. Mendahulukan mencuci kepala bagian kanan, lalu kepala bagian kiri.

7. Menyela-nyela rambut.

8. Mengguyurkan air ke seluruh tubuh dimulai dari sisi yang kanan setelah itu yang kiri.



والله تعالى أعلم بالـصـواب 
Ditulis oleh Humaira Medina
Diedit dan ditambah oleh Akhbar Sanusi

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.