Widget HTML Atas

Pengertian Wartawan Dan Tugas-tugasnya

Pengertian Wartawan Dan Tugas-tugasnya
Pengertian Wartawan Dan Tugas-tugasnya

Pengertian Wartawan - Hello reader para pembaca blog tahukah kamu. Perjalanan waktu dari tahun ke tahun kian memberikan kita gambaran jelas, bahwa waktu akan menjawab semua permasalahan yang kita hadapi. Tahu maksudnya apa? Anda hebat jika mengetahuinya, karena saya saja tidak mengerti apa yang saya ucapkan. Namun ada satu hal yang pasti saya mengerti. Yaitu dalam tulisan kali ini, saya selalu pengurus blog tahukah kamu, akan menguraikan secara ringkas mengenai pengertian wartawan dan apa saja tugas-tugas seorang wartawan. 


Oleh karena itu, bila memang pembahasan wartawan ini yang sedang anda cari, maka simak penjelasan kami sejenak berikut ini:


Pengertian Wartawan

Jurnalis, pewarta, atau yang lebih akrab disapa wartawan adalah seseorang yang melakukan rangkaian kegiatan jurnalistik. Dalam pengertian lain, wartawan yaitu orang yang secara teratur/kontiniu menuliskan berita (berupa laporan), dimana tulisan yang ia susun akan dimuat di media massa.
Laporan yang disusun oleh wartawan umumnya akan dipublikasi melalui berbagai media, seperti : koran, radio, televisi, majalah, film dokumentasi, internet (media sosial). Jurnalis atau Wartawan biasanya akan mencari sumber/bahan mereka untuk ditulis didalam laporannya, dan mereka para wartawan kerap dituntut untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.


Tugas-Tugas Wartawan

Jika kita sedikit melihat kedalam buku Blur: How to Knoe What’s True in The Age of Information Overload, yang merupakan karya dari Bill Kovach dan Tom Rosenstiel disebutkan bahwa tugas dari seorang wartawan antara yaitu sebagai berikut:

1. Authenticator

Maksud dari Authenticator disini yaitu masyarakat membutuhkan wartawan / jurnalis yang mampu memeriksa keotentikan dari suatu informasi atau berita. 

2. Sense Maker

Adapun substansi yang dimaksud dari sense maker yaitu seorang wartawan harus mampu menjelaskan/menerangkan apakah sebuah informasi tersebut dapat masuk akal atau tidak.

3. Investigator

Investigator disini maksudnya yaitu seorang wartawan harus terus mengawasi kekuasan serta membongkar kejahatan. 

4. Withness Bearer

Makna dari Withness Bearer yaitu seorang wartawan harus mampu meneliti dan memantau setiap kejadian tertentu serta dapat bekerja sama dengan pihak reporter.

5. Empowerer

Adapun yang dimaksud Empowerer yaitu kondisi dimana seorang wartawan dituntut untuk saling melakukan pemberdayaan antara wartawan dan warga untuk menghasilkan percakapan yang terus menerus pada keduanya.

6. Smart Aggregator

Smart Aggregator maksudnya adalah seorang wartawan harus cerdas berbagi sumber berita yang dapat dihandalkan, laporan yang mencerahkan bukan hanya hasil karya wartawan itu sendiri.

7. Organizer

Yang dimaksud dengan organizer disini adalah organisasi berita, baik yang sudah lama atau baru.

8. Role Model

Tugas wartawan lainnya yaitu dirinya harus mampu menjadi teladan/role model. Bukan hanya berkarya dan menghasilkan karya, namun (seorang wartawan-red) juga tingkah laku wartawan masuk dalam ranah publik harus dijadikan contoh.


Kesimpulan Tugas Seorang Wartawan

Dari ulasan diatas dapat kita tangkap bahwa ada banyak sekali tugas pokok seorang wartawan. Namun dari keseluruhan tugas-tugas tersebut dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa tugas seorang wartawan adalah melaporkan, serta menulis berbagai topik informasi, atau berita. Setelah menulis, langkah berikutnya yaitu mempublikasikannya melalui media. Baik itu media konvensional, seperti : koran/radio, maupun media digital seperti: televisi,dan beragam media sosial. 

Baiklah, mungkin sekian saja penjelasan kita mengenai pengertian wartawan dan tugas-tugasnya, semoga apa yang telah kita sampaikan dapat bermanfaat meski hanya sedikit. Tetap ikuti perkembangan informasi yang kami hadirkan, dan jadikan blog Tahukah Kamu sebagai rujukan awal kamu saat mencari ilmu pengetahuan. Terima kasih atas perhatiannya dan salam. 


Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.