Widget HTML Atas

Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

9 Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah
Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah


Kulit berminyak sering membuat kita tidak percaya diri. Belum lagi jika debu dan kotoran berterbangan di udara, rasanya semua kotoran seperti menempel di wajah.

Kulit yang berminyak ini membutuhkan perhatian khusus, sebab perlakuan yang salah, akan menyebabkan jerawat dan menjadikan wajah semakin kusam. Meskipun kita semua tahu, kulit yang kita miliki memang selalu menghasilkan minyak alami tubuh.  Namun bagi sebagian orang, ada yang memiliki kulit lebih berminyak daripada orang kebiasaan.

Dalam hal ini, jika kita berbicara mengenai kulit wajah, secara umum terbagi menjadi 4 jenis. Kulit kering, kulit normal, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Setiap jenis kulit tentu saja berbeda cara penanganannya. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda termasuk orang-orang yang terlahir dengan kulit wajah yang berminyak, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali tips perawatan dan penanganan untuk mereka yang memiliki kulit wajah berminyak. Meski memang kita mengakui, menangani kulit yang Berminyak membutuhkan perhatian yang lebih ekstra.


Oleh sebab itulah, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas seputar kulit berminyak, bagaimanakah cara penanganan yang tepat, agar keindahan kulit kita tetap terpancar. Untuk itu tidak perlu berlama-lama, langsung saja kita ulas topik kita kali ini mengenai Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah.

9 Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah


1. Rajin Membersihkan Wajah

Sebenarnya ini mudah dilakukan, tetapi banyak orang yang tidak membersihkan wajah mereka secara teratur. Padahal, sebagaimana yang sudah kita sampaikan diatas, bahwa jenis kulit yang Berminyak, membutuhkan lebih perhatian ekstra. Jika anda memiliki wajah dengan tipe berminyak (seperti ini) dibutuhkan setidaknya 2 kali membersihkan wajah dalam sehari, sebelum aktivitas pagi dan sebelum istirahat dimalam hari. Namun alangkah baiknya, jika anda juga membersihkan wajah di siang hari sesaat setelah istirahat makan siang.


2. Menggunakan Pembersih Wajah Yang Tepat

Untuk membersihkan wajah yang berminyak, hindari penggunaan sabun atau facial foam yang mengandung banyak deterjen. Carilah produk pembersih wajah khusus, untuk tipe kulit yang berminyak.


3. Tidak Lupa Membersihkan Make-up 

Pastikan setiap kali Anda menggunakan make-up, tidak lupa untuk membersihkannya dengan benar-benar bersih. Agar make-up yang anda gunakan tidak terakumulasi dikulit, dan menimbulkan masalah lain di wajah Anda.


4. Bersihkan Wajah Dengan Menggunakan Air Hangat

Membersihkan wajah berminyak dengan menggunakan air hangat akan membuka pori-pori wajah, melepaskan kotoran dan mengikis lapisan minyak di wajah yang menjadi penyebab jerawat dan wajah yang kusam.

Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

5. Jeruk Nipis Dan Putih Telur

9 Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah
Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Hal Ini akan membantu untuk menghindari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi wajah yang berminyak, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Sedangkan putih telur, protein dan mikronutrien yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk proses regenerasi sel-sel kulit, serta merawat kulit agar tetap sehat dan terlihat lebih kencang. Treatment jeruk nipis dan putih telur ini pun mudah diaplikasikan. Pertama-tama, ambil putih telur dan masukkan kedalam wadah. Kemudian peras 1 buah jeruk nipis dan masukkan kedalam wadah yang berisikan putih telur tadi. Aduk hingga merata.  Kemudian anda bisa mengaplikasikannya diwajahnya anda. Dan diamkan sekitar 20 menit, setelah itu, cuci wajah anda dengan bersih.


6. Gunakan Apel

Apel adalah salah satu buah yang mengandung antiseptik alami, yang berguna untuk mengikis sel-sel kulit mati. Gunakan masker apel untuk menjaga kesehatan kulit, melembabkan dan menjaga keseimbangan kadar minyak diwajah anda.


7. Alpukat

Alpukat mengandung karotenoid, antioksidan, vitamin E, dan vitamin C yang berguna untuk membantu mencegah penuaan dini dan meningkatkan sifat elastisitas kulit. Kandungan kolagen didalam alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kulit agar tetap kenyal.


8. Ketimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang bermanfaat membuat wajah terlihat lebih cerah. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkaran hitam disekitar mata. Dan tidak hanya itu, mentimun juga berfungsi menyerap minyak berlebih pada wajah anda.

Menggunakan treatment timun ini pun sangat mudah. Anda cukup mengiris tipis timun, lalu menempelkan irisan timun tersebut diwajah anda. Setelah 20 menit, lepaskan irisan timun tersebut, lalu cuci wajah anda hingga bersih.


9. Menggunakan Tomat

9 Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah
Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

Didalam tomat terkandung Senyawa anti-oksidan, dan lycopine, yang telah terbukti dapat menetralkan radikal bebas dan menjadikan wajah cerah, berseri-seri, dan tidak berminyak. Tomat juga berfungsi sebagai tabir surya alami untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan sinar UV.

Cara mengaplikasikan treatment tomat diwajah cukup mudah.  Kita cukup menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur, lalu gunakan bubur tomat tersebut menjadi masker diwajah. Biarkan sekitar 30 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.


Itu 9 cara alami untuk mengatasi kulit berminyak dan menjadikan wajah terlihat lebih cantik dan sehat. Seperti biasa, jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.