Widget HTML Atas

Cara Diet Alami Untuk Mengurangi Berat Badan

6 Cara Diet Alami Untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan
Diet yang baik dan benar

Ingin memiliki berat badan yang ideal? Boleh-boleh saja jika anda ingin melakukan diet agar mendapatkan berat badan yang ideal. Tapi hati-hati, anda harus pintar memilih diet yang tepat, karena jika tidak, bukannya berat badan Anda menurun justru malah akan menaik.  Bahkan, juga terdapat beberapa diet ekstrem yang justru mengancam kesehatan si pelaku diet tersebut. Oleh sebab itu, memperhatikan pola diet dan memilih cara yang alami adalah solusi terbaik jika ingin menurunkan berat badan. Dan salah satu ciri diet yang alami yaitu, tubuh kita tidak akan merasa tersiksa saat menjalani diet tersebut.


Lalu bagaimana caranya agar kita bisa melakukan diet sehat alami, untuk menurunkan berat badan tanpa membahayakan kesehatan? Tenang, itulah yang akan menjadi pembahasan kita kali ini.

Pada dasarnya, kelebihan berat badan atau obesitas disebabkan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar, dibandingkan kalori yang kita keluarkan setiap hari. Sehingga, akibat dari proses pemasukan kalori yang berlebihan ini, terjadilah penumpukan lemak yang membuat berat badan kita semakin menaik. Dan penumpukan Lemak ini biasa terjadi pada perut bagian bawah, paha, betis, leher, dan pipi. Tidak perlu berlama-lama, kalau begitu langsung saja kita simak ulasan di bawah ini mengenai metode diet alami yang aman untuk kesehatan.


Cara Diet Alami Untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan


1. Memilih Makanan Yang Tepat

Kamu adalah apa yang kamu makan, begitulah pepatah mengatakan. Perlu kita perhatikan, mulut adalah pintu bagi seluruh makanan untuk masuk ke dalam tubuh kita. Dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi, maka menurunkan berat badan bukanlah hal yang sulit. Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat dan rendah kalori. Perhatikan juga makanan yang kita konsumsi, apakah mengandung banyak gula dan lemak atau tidak? Seperti yang sudah disampaikan di awal, naiknya berat badan yaitu disebabkan besarnya kalori yang masuk ke dalam tubuh kita, sedangkan kita hanya membutuhkan sedikit kalori. Kurangi memakan makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan. Anda boleh saja memakannya, namun tetap memperhatikan waktu waktunya, jangan sampai hari-hari Anda tiada pernah Terlewatkan tanpa gorengan.
6 Cara Diet Alami Untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan
Cara diet alami


2. Perbanyak Konsumsi Sayur

Jika anda menginginkan berat badan yang ideal, Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran. Seluruh ahli kesehatan telah sepakat mengenai manfaat sayur dalam proses diet. Perlu diketahui, sayur-sayuran adalah makanan yang kaya akan serat, di mana serat ini berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan dan memberi efek kenyang pada perut kita. Anda tidak perlu takut kelebihan kalori saat memakan banyak sayuran,  sebab sayuran  adalah makanan  dengan nilai kalori yang rendah. Dan dengan banyak mengkonsumsi sayuran, anda tidak perlu merasakan kelaparan saat menjalani diet.


3. Atur Porsi Makan Anda

Anda harus cerdas menimbang nimbang jumlah kalori dari makanan yang Anda ambil. Jangan mengambil makanan yang memiliki jumlah kalori berlebih dari yang kita butuhkan sehari-hari. Ini harga mutlak, anda tidak boleh memasukkan kalori ke tubuh lebih besar daripada kalori yang anda keluarkan, Jika anda benar-benar ingin menurunkan berat badan.

Jika anda mengalami kesulitan dalam menakar jumlah kalori, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli gizi. Namun, bagi Anda yang memiliki aktivitas sedang (tidak berat),  biasanya membutuhkan asupan sekitar 1500 kalori per hari.

Untuk menerapkan pola makan yang sehat, selalu ingat bahwa anda harus menyeimbangkan semua komposisi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat menyesuaikan dengan prinsip gizi seimbang, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Jadi, usahakan dalam sekali makan, Anda memenuhi kelima nutrisi di atas.

Cara Diet Alami Untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan


4. Ganti Gula Biasa Anda Dengan Gula Rendah Kalori

Banyak orang kurang tertarik dan meremehkan cara diet ini. Padahal jika kita mau teliti, niscaya berat badan yang kita impikan akan lebih cepat tercapai. Mengapa begitu? Sebab jumlah kalori yang terdapat pada gula jauh lebih besar 3 kali lipat, daripada kalori yang terkandung pada nasi. Oleh karenanya, mengurangi asupan gula atau mengganti gula biasa dengan gula rendah kalori adalah salah satu bentuk diet alami terbaik yang bisa kamu coba.

Di satu sisi, mengurangi konsumsi gula atau mengubah gula biasa dengan gula rendah kalori bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah kita.
6 Cara Diet Alami Untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Membahayakan Kesehatan
Diet sehat alami


5. Susun Jadwal Olahraga Anda

Olahraga adalah salah satu cara, agar metabolisme  di dalam tubuh kita bekerja secara maksimal. Metabolisme tubuh yang bekerja secara maksimal akan membakar kalori secara sempurna. Pembakaran kalori inilah yang akan berperan penting untuk menurunkan berat badan. Jika anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, biasakanlah berolahraga 30 menit secara teratur setiap hari. Untuk memulainya, anda bisa berjalan santai atau jogging di area rumah anda.


6. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Tidak hanya mengatur pola makan dan  berolahraga, gaya atau pola hidup kita sehari-hari juga mempengaruhi, Apakah kita bisa menurunkan berat badan atau tidak. Hindarilah gaya dan pola hidup yang tidak sehat seperti: merokok, meminum minuman beralkohol, bergadang atau tidur hingga larut malam dan kebiasaan buruk lainnya.

Kebiasaan-kebiasaan buruk di atas akan memberi dampak buruk bagi kesehatan dan metabolisme tubuh. Dan jika metabolisme tubuh Anda terganggu, akan sulit bagi anda untuk menurunkan berat badan.


Itu saja pembahasan kita kali ini mengenai 6 cara diet alami untuk mengurangi berat badan tanpa membahayakan kesehatan. Semoga bermanfaat.


Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.