Widget HTML Atas

Bulan Suci Ramadhan Adalah Bulan Mulia

Bulan Suci Ramadhan
Bulan Suci Ramadhan Adalah Bulan Mulia

Bulan Suci Ramadhan - Assalamu'alaikum sobat iman pengunjung blog tahukah kamu. Salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya adalah Allah menjadikan adanya 1 bulan mulia ( dari 12 bulan) yang di mana pada bulan tersebut dibukakan pintu-pintu Surga dan melimpahnya curahan Rahmat. Benar, bulan tersebut adalah bulan suci Ramadhan. 

Karena kesempatan kali ini, sebagaimana judul yang telah kita lihat bersama kita akan membahas mengenai bulan suci Ramadhan. Mulai dari mengenal Apa itu bulan suci Ramadhan, keutamaan, amalan, manfaat,  dan ayat-ayat terkait dengan bulan suci Ramadan. Semoga dengan pembahasan singkat ini dapat menambah keimanan dan wawasan kita tentang bulan suci yang mulia ini. Baiklah, berikut penjelasan selengkapnya.. 


Definisi Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah bulan ke 9 dalam kalender Hijriyah yang dimana pada bulan tersebut seluruh kaum muslimin diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Adapun yang dimaksud dengan puasa di sini yaitu menahan diri dari makan, minum dan segala hal yang dapat membatalkan puasa. 

Dalam literatur lain dijelaskan bahwa definisi bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, sebagai penjelas, dan sebagai pemisah antara kebaikan dan keburukan. Maksudnya adalah dengan Alquran kita dapat membedakan antara mana yang baik dan mana yang buruk. 

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Berikut di bawah ini adalah beberapa keutamaan yang terdapat dan merupakan ciri dari bulan Suci ramadhan. 

1. Didalam bulan Ramadhan terdapat malam lailatul qadar, yang dimana malam tersebut adalah lebih baik dari 1000 bulan. Dan barangsiapa bertemu dengan malam tersebut, kemudian beramal sholeh sebaik mungkin maka sungguh ia orang yang beruntung. 

2. Keutamaan lainnya yaitu bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang mulia. Dimana pada bulan itulah Al-Quran Al-Karim Allah turunkan. Sehingga dengan Al-Quran tersebut manusia mendapatkan petunjuk untuk membedakan antara yang haq dan yang bathil. 

3. Pada bulan Suci ramadhan pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan setan dibelenggu. 

4. Bulan suci Ramadhan adalah salah satu waktu mustajab untuk terkabulnya doa. Hal ini diperkuat dengan dalil dimana salah seorang sahabat bernama Jabir bin Abdillah meriwayatkan hadits. Dalam hadits tersebut disebutkan : "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka di setiap hari pada bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.

Amalan yang dianjurkan Selama Bulan Suci Ramadhan

Meskipun tidak seluruhnya anjuran khusus untuk bulan Ramadhan. Namun kami telah menyusun, beberapa amalan yang cukup berkaitan dengan bulan Ramadhan dengan beberapa dalil penunjang. 
  • Mengakhirkan Waktu Makan Sahur
  • Melaksanakan i'tikaf Pada 10 Malam Terakhir Mencari Malam Lailatul Qadar
  • Ikut Sholat Tarawih Berjama'ah
  • Memanjatkan doa tatkala Menjelang Waktu Berbuka
  • Khotmul Qur'an (Mengkhatamkan Al-Quran 30 Juz) 
  • Membaca Doa Berbuka Sesuai Dengan Ajaran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam
  • Memperbanyak Sedekah
  • Mengakhirkan Waktu Makan Sahur
  • Menyegerakan Waktu Berbuka Puasa
Untuk penjelasan lebih detail mengenai amalan di bulan Ramadhan. Silahkan lihat akhir tulisan ini. Kami telah menaruh link artikel lengkapnya. 

Manfaat Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Bukan hanya memiliki keutamaan, mereka yang melaksanakan ibadah shaum di bulan tersebut juga akan mendapatkan banyak sekali manfaat didalamnya. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat yang akan kita peroleh saat berpuasa di bulan Suci Ramadhan. 

1. Meningkatkan ketaqwaan seseorang. Hal ini pun telah jelas disampaikan di dalam Al-Quran dimana salah satu tujuan berpuasa Ramadan adalah لعلكم هتقوم yakni agar kalian bertaqwa. 

2. Mendatangkan kebaikan (Dunia & Akhirat). Hal ini sebagaimana firman Allah di dalam surat Al-Baqarah yang menyebutkan : وأن تصوم خير لكم dan puasa itu baik untuk kalian. Bila ditinjau dari aspek din (agama), maka tidak perlu diragukan lagi bahwa puasa akan membawa kebaikan bagi yang mengamalkannya. Namun yang tidak kalah penting, ternyata ditinjau dari sisi medis, puasa juga memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh dan menjaga stabilitas kadar gula dalam darah. 

3. Meningkatkan rasa syukur dan empati. Rasa lapar dan dahaga yang dialami oleh seorang muslim yang terbiasa hidup serba cukup dan selalu dalam keadaan kenyang akan membantu menyadarkan dirinya, bahwa betapa beratnya kehidupan orang-orang yang berada dibawah rata-rata. Hal ini akan membantu pribadi seorang muslim untuk lebih bersyukur dan menumbuhkan rasa empati untuk lebih banyak beramal sholeh, khususnya bersedekah. 

4. Membantu mengendalikan hawa nafsu. Sebagaimana yang telah dijelaskan didalam hadits baginda shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa "barangsiapa yang belum mampu (menikah), maka berpuasalah". Meskipun hadits ini berbicara tentang bab nikah, namun didalamnya terdapat sebuah substansi, yaitu dengan ibadah puasa, seseorang akan lebih mudah untuk mengendalikan hawa nafsunya. 

Ayat-ayat Tentang Puasa Ramadhan

  • (QS. Al-Baqarah Ayat 183)
  • (QS. Al-Baqarah Ayat 184) 
  • (QS. Al-Baqarah Ayat 185) 
  • (QS. Al-Baqarah Ayat 187) 
Mungkin demikian saja yang bisa kita sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai bulan suci ramadhan yang sebentar lagi kita masuki. Semoga apa yang kita sampaikan dapat bermanfaat dan memberikan faedah dalam kehidupan kita. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. Syukron jazakumullah khoiron. Assalamu'alaikum. 





Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.