Widget HTML Atas

Bingung Pilih Samsung atau Xiaomi

Pilih Samsung atau Xiaomi
Pilih Samsung atau Xiaomi

Samsung atau Xiaomi - Balik lagi cuy di blog tahukah kamu. Ngomongin soal gadget mungkin tidak ada habis-habisnya, mulai dari brand terkemuka hingga brand kacang-kacangan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ngomongin soal brand, mungkin mayoritas Kamu sudah tahu dan tidak asing lagi dengan brand Samsung dan Xiaomi. 

Benar sekali, bisa dibilang Samsung dan Xiaomi adalah vendor ponsel terkemuka di Indonesia saat ini. Tingginya permintaan produk atas 2 brand ini membuat mereka tetap eksis hingga saat ini dalam memproduksi smartphone andalannya. Namun yang menjadi permasalahan adalah banyak para pengguna baru, khususnya mereka yang masih awam dengan dunia gadget bingung dalam memilih. Sehingga diharapkan dengan Dilema antara memilih Samsung atau Xiaomi. 

Untuk membantu menjawab kebingungan tersebutlah, disini kita akan sedikit mengulas tentang kedua vendor terkemuka ini. Sehingga, kamu tidak perlu lagi bingung antara pilih Samsung atau Xiaomi. 

Pilih Samsung atau Xiaomi? 

Untuk menentukan smartphone Apa yang akan kita gunakan jika harus memilih antara Samsung dan Xiaomi, tentu ada banyak aspek yang perlu ditimbang. Mengingat masing-masing vendor ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh sebab itu, disini kita akan sedikit memaparkan kelebihan dan kekurangan masing-masing vendor. Cek selengkapnya di bawah ini. 

Penilaian Berdasarkan Kamera - Samsung vs Xiaomi

Bila sobat sekalian adalah penggemar smartphone yang mengandalkan kamera,  menjatuhkan pilihan pada brand Samsung mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat saat ini. Namun bukan berarti kamera dari smartphone Xiaomi tidak handal. Sebab kedua smartphone ini, baik Samsung atau Xiaomi sama-sama memiliki tingkat resolusi kamera yang cukup tinggi. Hanya saja, berdasarkan literatur yang kita dapat, bukaan aperture lensa pada Samsung cenderung lebih lebar dibandingkan lensa kamera pada Xiaomi. Kelebihan pada kamera Samsung ini membuat cahaya yang masuk ke dalam lensa pun jauh lebih banyak, sehingga kamera mampu menghasilkan gambar yang lebih jelas sekalipun berada di tempat yang minim cahaya. Bagaimana, pilih Samsung atau Xiaomi? 

Penilaian Berdasarkan Prosesor- Samsung vs Xiaomi

Berbicara soal pengguna gadget, dalam hal ini pengguna smartphone. Mungkin beberapa di antaranya cenderung mengutamakan smartphone yang memiliki keunggulan dalam fitur kamera. Mereka yang menginginkan smartphone dengan kamera canggih biasanya memiliki hobi selfie, ataupun mengambil objek foto entah itu untuk dikoleksi ataupun dijual kembali. Selain user yang memiliki ketertarikan pada kamera, terdapat juga jenis user lain yang  lebih memilih fokus pada kinerja prosesor dari sebuah smartphone. Lalu Manakah yang lebih baik dalam penggunaan prosesor, Samsung atau Xiaomi? 

Berbicara mengenai processor, untuk smartphone Xiaomi dengan rate harga 2 jutaan, umumnya kita sudah bisa mendapatkan Xiaomi dengan processor snapdragon terbaru. Entah itu Snapdragon 636 ataupun Snapdragon 660. Yang dimana kedua series snapdragon ini sudah mendukung teknologi AI. Berbeda halnya jika kita memilih Samsung dengan harga dua jutaan, mungkin prosesor yang akan kita dapat hanya sebatas Quad Core Snapdragon 425. Jadi bisa dibilang, bila budget yang kamu miliki terbatas, dan ingin merasakan teknologi terbaru dari sebuah smartphone, khususnya dalam hal teknologi processor, memilih smartphone Xiaomi adalah keputusan terbaik. Namun bila kamu memiliki budget yang tidak terbatas, memilih Smartphone Samsung tentu lebih utama, dibanding dengan smartphone keluaran Xiaomi. 

Penilaian Berdasarkan Layar - Samsung vs Xiaomi

Perbandingan selanjutnya dari smartphone Xiaomi vs Samsung bisa kita lihat dari segi layarnya. Layar smartphone Samsung lebih baik dibanding smartphone Xiaomi. Hal ini dikarenakan kebanyakan smartphone Samsung model terbaru sudah menggunakan panel layar Super AMOLED. Sementara itu, rata-rata Hp Xiaomi terbaru masih menggunakan panel layar IPS LCD.

Layar Super AMOLED memiliki kinerja yang lebih baik dibanding layar IPS LCD. Diantara kelebihan layar Super AMOLED adalah:
  • Memiliki rasio kontras lebih tinggi dibanding IPS LCD
  • Memiliki fps dan response time lebih tinggi
  • Tingkat konsumsi daya 10x lebih hemat
  • Setiap piksel bekerja independen sehingga untuk menampilkan warna hitam, piksel akan dimatikan untuk mendapatkan kualitas warna hitam lebih pekat
  • Warna putih (cerah) lebih baik. Sedangkan IPS LCD cenderung kebiruan
  • Super AMOLED Menghadirkan warna dan kecerahan layar yang lebih nyaman di mata.
Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan smartphone dengan layar Super AMOLED, kamu pun tak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam. Karena pasalnya, smartphone Samsung yang dibandrol dengan harga 3 jutaan umumnya sudah menggunakan layar Super AMOLED. Berbeda dengan smartphone Xiaomi, kebanyakan smartphone dengan rate harga 3 jutaan pada Brand ini masih menggunakan layar IPS LCD.

Penilaian Berdasarkan Harga - Samsung vs Xiaomi

Bila kita berbicara soal harga, tentu sangat jelas bahwa perbandingan antara smartphone Xiaomi dan Samsung terdapat selisih yang cukup besar. Hal ini bisa kita lihat, dimana smartphone keluaran Xiaomi umumnya dibandrol dengan harga yang cenderung lebih murah bila dibandingkan dengan Samsung. Harga smartphone Xiaomi yang paling mahal di Indonesia saat ini pun hanya dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan saja. Sementara itu, rata-rata hp Samsung dijual lebih mahal. Smartphone Samsung yang paling mahal di Indonesia adalah Samsung Galaxy Note 9 model 8GB/512GB yang dijual dengan harga Rp 16 jutaan. 

Oleh sebab itu, bila ditinjau dari aspek harga smartphone yang diproduksi perusahaan Xiaomi jauh lebih unggul dibanding dengan Samsung. Lihat saja, bila kita membeli smartphone dengan kisaran harga yang sama, kita bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi jika memilih smartphone Xiaomi. Sebagai contoh saja, bila kamu punya budget sekitar 2 jutaan, kamu akan mendapatkan lebih banyak pilihan bila memilih smartphone keluaran Xiaomi. Sebut saja salah satu mereka, Xiaomi Redmi Note 5. Dengan harga Rp 2.399.000 Anda bisa mendapatkan hp dengan spesifikasi: Processor Snapdragon 636, RAM 3GB, ROM 32 GB, baterai 4000 mAh, layar 5.99 inci Full HD+, kamera belakang ganda 12MP + 5MP, dan kamera depan 13 MP.

Sekarang kita lihat vendor sebelah, yakni Samsung. Dengan budget sekitar 2 jutaan, mungkin kita bisa mendapat smartphone Samsung Galaxy J6+ atau yang sekelasnya. Dengan taksir harga sekitar Rp 2.499.000, kita bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi: Processor quad core 1.4 GHz, RAM 4GB, ROM 64 GB, kamera belakang ganda 13 MP + 5MP, kamera depan 8 MP, baterai 3300 mAh, dan layar 6 inci HD+. Mungkin tidak 100% sama dengan spesifikasi Xiaomi di harga yang sepantaran dengannya, namun kedua smartphone ini berada dalam kelas harga yang tidak jauh berbeda. Gimana? Sudah lihatkan spesifikasi keduanya bila ditinjau dari aspek harga? Nah, kalau gitu pilih Samsung atau Xiaomi? 

Pilih Samsung atau Xiaomi? 

Sebenarnya penjelasan satu arah dari artikel ini belum cukup untuk mendapatkan sebuah konklusi sempurna antara memilih Samsung atau Xiaomi. Sebab pada dasarnya ada banyak sekali yang perlu ditinjau bila kita hendak memilih sebuah smartphone. Termasuk di dalamnya memahami seberapa kuat dana atau budget yang kita miliki. Akan tetapi, untuk sekedar memberi gambaran secara umum, kami rasa penjelasan di atas sudah cukup.

Demikian saja artikel kali ini, semoga menjawab kebingungan para pembaca yang Dilema antara memilih smartphone Samsung atau Xiaomi. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, tetap bijak dalam memilih, sesuaikan dengan kebutuhan, dan salam literasi. 


Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.