Widget HTML Atas

Berbuka Puasa Senin Kamis

Berbuka Puasa Senin Kamis
Berbuka Puasa Senin Kamis

Berbuka Puasa Senin Kamis

Berbuka puasa Senin Kamis - Assalamu'alaikum teman-teman para pembaca yang semoga dirahmati Allah. Sungguh Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memberikan kita banyak jalan agar bisa masuk kedalam surga-Nya. Mulai dari amalan-amalan wajib, seperti: Sholat fardhu, berbakti kepada orang tua, puasa di bulan suci, dan masih banyak lagi. 

Seperti judul yang teman-teman telah lihat, pembahasan atau informasi yang akan kita hadirkan kali ini yaitu seputar tentang berbuka puasa senin Kamis. Harapannya tulisan ini dapat menambah informasi wawasan, sekaligus menambah keimanan kita untuk tetap giat beramal soleh. 

Adapun kerangka tulisan kita kali ini tidak begitu panjang. Kita akan membaginya menjadi 3 pembahasan pokok saja, yaitu : pengertian puasa senin Kamis, keutamaan puasa senin Kamis, dan hadits tentang berbuka puasa senin Kamis. Baiklah, langsung saja amati tulisan kami berikut ini, semoga bermanfaat. 


Pengertian Puasa Senin Kamis

Puasa senin Kamis adalah puasa sunnah yang dikerjakan dua kali dalam sepekan, yakni pada hari senin dan Kamis. Puasa sunnah ini kerap dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu 'alaih wa sallam. Dan ini tercatat didalam sebuah hadits yang disampaikan oleh Usamah bin Zaid. Ia berkata:
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »
"Aku berkata pada Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Keutamaan Puasa Secara Umum

1. Salah satu keutamaan berpuasa (termasuk puasa senin Kamis) adalah mendapatkan ganjaran pahala tanpa batas. Besar pahala yang didapat sesuai dengan kehendak Allah 'azza Wa jalla. 
2. Ibadah puasa adalah amalan yang khusus untuk Allah. 
3. Melaksanakan ibadah puasa merupakan salah satu sebab seseorang memasuki kedalam surga
4. Mendapatkan dua kebahagiaan sekaligus. Yaitu kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat berjumpa dengan Rabbnya.
5. Mendapatkan keutamaan aroma nafas disisi Allah. Dimana dikatakan bahwa orang-orang yang berpuasa memiliki aroma nafas bak kesturi disisi Allah. 

Hadits Hadits Tentang Puasa Senin Kamis

Hadits tentang puasa senin Kamis  dari ibunda ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan:
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.
"Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Hadits puasa senin Kamis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam bersabda:
تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ
“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu shahih dilihat dari jalur lainnya).

Demikian saja artikel singkat kali ini mengenai berbuka puasa senin Kamis, semoga mencerahkan dan bermanfaat bagi kaum muslimin, dan saya pribadi. Terimakasih untuk waktu dan perhatiannya, sampai jumpa dilain waktu. Assalamu'alaikum.. 



Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.