Widget HTML Atas

Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan

Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan
Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan

Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan - Bismillah Assalamu'alaikum para pembaca yang beriman dimana pun berada. Saat artikel ini saya susun, tidak sampai 1 bulan lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan insya syaa Allah. Bulan yang selalu dinanti-nanti oleh mereka yang hatinya terisi dengan keimanan. Bulan Ramadhan adalah bulan mulia, dimana di dalamnya terdapat limpahan berkah, dan pintu-pintu ampunan terbuka dengan lebar. 

Sobat iman dimana pun berada, seperti judul diatas, kali ini pembahasan kita yaitu mengenai amalan amalan sunnah di bulan suci ramadhan. Semoga dengan tulisan ini dapat membantu sobat iman sekalian dan admin, agar dapat lebih menghidupkan bulan suci ramadhan, dan meraih pintu ampunan atas segala kesalahan yang telah kita lakukan. Baiklah, langsung saja. Berikut di bawah ini adalah daftar amalan sunnah di bulan ramadhan yang telah kami himpun berdasarkan dalil-dalil shahih.  


Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan

1. Mengakhirkan Waktu Makan Sahur
Salah satu amalan sunnah di bulan Ramadhan yang kerap atau hampir dilupakan oleh kaum muslimin adalah mengakhirkan waktu sahur. Padahal, di dalam sunnah ini terdapat banyak sekali faedahnya. Salah satunya yaitu dengan mengakhirkan sahur tubuh kita akan memiliki cadangan energi yang lebih besar, untuk menjalani aktivitas selalu bulan puasa. Adapun mengenai dalil dari mengakhirkan sahur ini adalah hadits baginda nabi shallallahu 'alaihi Wa sallam.
“Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu melaksanakan shalat. Anas berkata, Aku bertanya kepada Zaid: “Berapa jarak antara adzan dan sahur ?”. Dia menjawab : ‘seperti lama membaca 50 ayat’” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Tidak Menunda-nunda Waktu Berbuka Puasa
Penting untuk sobat iman ketahui, menyegerakan waktu berbuka puasa adalah salah satu sunnah mulia yang diajarkan oleh nabi kita Muhammad shallallahu 'alaihi Wa sallam. Adapun dalil tentang menyegerakan berbuka puasa sebagai salah satu amalan sunnah di bulan Ramadhan yaitu sabda beliau shallallahu 'alaihi Wa sallam:
"Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Bukhari Muslim) 

3. Membaca Doa Berbuka Sesuai Dengan Sunnah
Adapun doa yang dianjurkan dan sesuai dengan sunnah saat berbuka puasa adalah "Dzahaba dzhoma-u Wabtabatil 'Uruqu Wa Tsabatal Ajru in syaa Allah" (Dibaca setelah berbuka). Adapun sebelum berbuka, cukup membaca bismillah. Sebagaimana kita membaca bismillah sebelum makan atau minum. 

4. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sedekah
Termasuk salah satu amalan sunnah paling mulia di bulan Ramadhan adalah dengan meningkatkan sedekah. Baik meningkatkan secara kualitas maupun kuantitasnya. Tentu saja tujuan dari meningkatkan amal sedekah ini adalah meraih pahala sebanyak-banyaknya. Sebagaimana disebutkan di dalam hadits, tentang keutamaan mereka yang bersedekah kepada orang-orang yang berpuasa. 
"Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi) 

5. Mengkhatamkan Al-Quran 30 Juz
Diantara amalan sunnah yang paling dianjurkan pada bulan suci ramadhan adalah mengkhatamkan Al-Quran 30 juz. Penekanan atau anjuran ini berangkat dari tafsir tentang hadits Bukhari, yaitu:
"Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari no. 4614)
Ibnu Atsir rahimahullah menjelaskan, maksud dari hadits tersebut adalah mempelajari (mudarasah) semua ayat Al-Quran yang turun. 

6. Berdoa Ketika Menjelang Waktu Berbuka
Meskipun ini bukan amalan sunnah yang dikhususkan pada bulan Suci ramadhan. Akan tetapi, menyia-nyiakan kesempatan amalan ini di bulan mulia adalah kerugian yang sangat nyata. Sebab waktu menjelang berbuka adalah salah satu waktu mustajab untuk terkabulnya doa seseorang. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi :
"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzhalimi

7. Sholat Tarawih Berjama'ah
Salah satu amalan sunnah yang ditekankan selama bulan Ramadhan adalah melaksanakan shalat tarawih bersama Imam, yakni berjamaah. Diantara dalilnya adalah hadits yang disampaikan oleh Abu Dzar, dimana kalau itu nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengumpulkan keluarganya serta para sahabat. Dan beliau mengatakan: 
"Barangsiapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” (HR AN-NASAI) 

8. Beri'tikaf Pada 10 Malam Terakhir Ramadhan Untuk Mencari Malam Lailatul Qadar
Termasuk salah satu amalan sunnah di bulan Ramadhan yaitu melakukan i'tikaf di masjid selama 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Dalam hal ini para ulama telah banyak menjelaskan tentang keutamaannya. Dimana barangsiapa yang mendapatkan malam lailatul qadar, maka ia itu lebih baik daripada 1000 bulan. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasai dan Ahmad menyebutkan:
Pada bulan tersebut, Allah memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (seseorang beribadah selama itu). Barangsiapa terhalang dari kebaikannya, sungguh ia orang yang terhalang (dari seluruh kebaikan)
Mengerjakan amalan sunnah di bulan Ramadhan sudah selayaknya untuk kita hidupkan. Terlebih lagi mengingat banyaknya keutamaan yang bisa kita dapat apabila beramal sholeh pada bulan Ramadhan. Semoga tulisan yang singkat ini dapat berfaedah, khususnya untuk penulis dan kaum muslimin secara umum. 

Terimakasih atas perhatian dan waktu sobat iman sekalian, semoga kita senantiasa berada diatas hidayah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Aamiin Aamiin ya Rabbal 'Aalamin. Sekian artikel amalan sunnah di bulan Ramadhan ini.. Kebenaran datangnya dari Allah, adapun jika terdapat kesalahan maka itu dari kekhilafan saya dan syaiton. 


Disusun oleh : Akhbar Sanusi



Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.