Widget HTML Atas

Macam-Macam Malaikat dan Tugasnya

Macam-Macam Malaikat, dan Tugasnya
Macam-Macam Malaikat dan Tugasnya

Macam-Macam Malaikat Dan Tugasnya

Malaikat adalah hamba Allah ta'ala yang dimuliakan dan utusan Allah yang dipercaya. Allah menciptakan mereka khusus untuk beribadah kepadaNya. Mereka bukanlah putra putri Allah dan bukan pula putra putri selain Allah. Mereka membawa risalah tuhannya dan menunaikan tugas masing masing di alam ini.

Mereka juga bermacam macam, dan masing masing mempunyai tugas tugas khusus. Diantara mereka yaitu:

1. Malaikat yang ditugasi menyampaikan / membawa wahyu Allah kepada para rasulNya عليهم السلام. Ia adalah Ar-Ruh al-Amin atau biasa kita kenal dengana nama Jibril عليه السلام. Allah berfirman:
نزل به الروح الأمين (١٩٤) على قلبك لتكون من المنذرين (١٩٤)
(Asy-Syu'ara : 193-194)

2. Malaikat yang diserahi urusan hujan dan pembagiannya menurut kehendak Allah. Hal ini ditunjukan oleh Hadits Muslim dari Abu Hurairah رضي الله عنه dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: 
رَجُلٌ بِفَلاَةٍ مِنَ اْلأَرْضِ فَسَمِعَ صَوْتًا فِي سَحَابَةٍ: اسْقِ حَدِيقَةَ فُلاَنٍ. فَتَنَحَّى ذَلِكَ السَّحَابُ فَأَفْرَغَ مَاءَهُ فِي حَرَّةٍ فَإِذَا شَرْجَةٌ مِنْ تِلْكَ الشِّرَاجِ قَدِ اسْتَوْعَبَتْ ذَلِكَ الْمَاءَ كُلَّهُ
Ketika seorang laki-laki berada di sebuah tanah lapang yang sunyi, dia mendengar sebuah suara di angkasa, “Berilah air pada kebun si Fulan!” Awan itu pun bergerak lalu mencurahkan airnya di satu bidang tanah yang berbatu hitam. Ternyata saluran air dari beberapa buah jalan air yang ada telah menampung air tersebut seluruhnya. (HR. Muslim).
Ini menunjukkan bahwa curahan hujan yang dilakukam malaikat sesuai dengan kehendak Allah 'azza wa jalla.

3. Malaikat yang diserahi terompet, yakni malaikat Israfil عليه السلام. Ia meniupnya sesuai dengan perintah Allah 'azza wa jalla dengan 3 kali tiupan.
Tiupan Faza' (ketakutan)
Tiupan Sha'aq (kematian)
Tiupan ba'ts (kebangkitan)
Begitulah yang disebut oleh Ibnu jarir dan para mufassir lainnya ketika menafsir ayat ke 73 dalam surah Al an'am.
يوم ينفخ في الصور، عالم الغيب والشهادة، وهو الحكيم الخبير
"Di waktu sangkakala ditiup , Dia mengetahui ghaib dan nampak. Dan dialah yang maha bijaksana lagi maha mengetahui."

4. Malaikat yang ditugasi mencabut ruh, yaitu malaikat maut dan rekan rekannya. Tentang tugas malaikat ini Allah ta'ala berfirman:
قل يتوفاكم ملك الموت الذي وكل بكم ثم إلى ربكم ترجعون
"Katakanlah, 'Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu; kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan (As-Sajadah:11).

5. Para malaikat penjaga surga. Allah mengabarkan mereka ketika menjelaskan perjalanan orang orang bertaqwa dalam firmanNya, surah Az-Zumar ayat 73.
وسيق الذين اتقوا ربهم إلى الجنة زمرا حتى إذا جاءوها وفتحت أبوابها وقال لهم خزنتها سلام عليكم طبتم فادخلوها خالدين
" Dan orang orang yang bertaqwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong rombong (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga penjaganya, 'kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masukilah surga ini,sedang kamu kekal di dalamnya.

6. Para malaikat penjaga Neraka Jahannam. Mereka itu adalah Zabaniyah. Para pemimpinnya ada 19 dan pemukanya adalah Malik عليه السلام. Hal ini ditunjukan oleh firman Allah ketika mensifati Neraka Saqar.
وما أدرىك ما سقر (٢٧) لاتبقي ولا تذر (٢٨) لواحة للبشر (٢٩) عليها تسعة عشر {٣٠) وما جعلنا أصحاب النار إلا ملائكة (٣١)
"Tahukah kamu apa (Neraka) Saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia. Diatasnya ada 19 (Malaikat penjaga). Dan tiada kami jadikan penjaga neraka itu melainkan malaikat. (Al Muddattsir :27-31)

7. Para malaikat yang ditugaskan menjaga seorang hamba dalam segala ihwalnya. Mereka adalah mu'aqqibat, sebagaimana yang dikabarkan oleh Allah dalam firmanNya surah Ar-Ra'ad ayat 10-11). Yang artinya:
" Sama saja (bagi Tuhan), siapa diantaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus terang dengan ucapan, dan siapa yang bersembunyi dimalam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) disiang hari. Bagi manusia ada malaikat malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaga atas perintah Allah.

8. Para malaikat yang ditugaskan mengawasi amal seorang hamba, amal yang baik dan amal yang buruk. Mereka adalah Al-Kiram dan Al-Katibun (Para pencatat yang mulia). Mereka masuk dalam golongan Hafazhah (para penjaga), sebagaimana firman Allah :
أم يحسبون أنا لا نسمع سرهم و نجواهم بلى و رسلنا لديهم يكتبون
"Apakah mereka mengira bahwa kami tidak mendengar rahasia dan bisikkan bisikkan mereka? Sebenarnya (kami mendengar), dan utusan utusan (malaikat-malaikat) kami selalu mencatat di sisi mereka. (Az-Zukhruf : 80).

Sumber : التوحيد للصف الثاني العالي
Penterjemah : Agus Hasan Bashori, Lc
Penerbit : Darul Haq, Jakarta
Editor post : Akhbar

Baca juga: Definisi Malaikat Secara Syari
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.