Widget HTML Atas

Jelaskan Tentang Beriman Kepada Malaikat

Jelaskan Tentang Beriman Kepada Malaikat, Malaikat, iman kepada malaikat,
Ilustrasi seorang anak mengaji

Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat adalah satu bagian dari rukun iman yang wajib diyakini oleh setiap muslim dan muslimah. Beriman kepada malaikat adalah rukun iman kedua.

Substansi yang terkandung dalam rukun iman kepada malaikat yaitu kita wajib meyakini bahwa Allah 'Azza WA Jalla memiliki/mempunyai para malaikat yang tercipta dari Nur (cahaya). Para malaikat Allah tidak pernah melanggar atau mendurhakai apa yang telah Allah Subhanahu wa Ta'ala perintahkan kepada mereka. Dan mereka para malaikat Allah akan senantiasa melakukan segala perintah yang telah Allah titahkan kepada mereka (para malaikat).

Adapun dalil yang menjelaskan tentang iman kepada malaikat sangat banyak sekali, antara lain adalah:

1. Surah Al-Baqarah ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ
"Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.

2. Al-Baqarah ayat 177

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ
"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab,
Nabi-nabi..

3. Surah an-Nisa ayat 136

وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا
"Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."

Ayat diatas menjelaskan barangsiapa yang kufur mengingkari Allah, malaikat malaikat-Nya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya, dan hari akhir, sungguh ia telah sesat sejauh-jauhnya.

4. HR. Muslim dan Bukhari

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ
"Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk"

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beriman kepada malaikat malaikat Allah. Semoga dapat bermanfaat. Assalamu'alaikum.

Baca juga: Macam-macam Malaikat dan Tugasnya
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.