Widget HTML Atas

Jelaskan Fungsi Manajemen Ekonomi

Jelaskan fungsi Manajemen ekonomi
Fungsi Manajemen ekonomi

Fungsi Manajemen ekonomi - Balik lagi di blog Tahukah Kamu. Sebagaimana judul yang teman lihat bersama, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan seputar ilmu ekonomi, wabilkhusus mengenai fungsi dari manajemen dalam ilmu ekonomi.

Dengan adanya uraian materi ini diharapkan dapat membantu para netizen dalam menelaah dan memahami esensi dalam fungsi manajemen ekonomi. Untuk menghemat waktu mari langsung saja teman-teman simak uraian selengkapnya mengenai fungsi manajemen dalam lingkup ekonomi.

Baca juga: Pengertian Bank

Pengertian Manajemen

Sebelum kepada inti pembahasan, yakni mengenai fungsi manajemen, tentu ada baiknya jika kita memahami definisi atau pengertian dari manajemen itu sendiri. Dikutip dari buku ekonomi yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional 2009, para ahli mendefinisikan pengertian manajemen sebagai berikut.
  • Manajemen adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan menggunakan kegiatan orang lain. (George R. Terry) 
  • Manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan. (John D. Millet) 
  • Manajemen adalah proses tertentu yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan. (Henry Fayol) 
  • Manajemen adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. (Harold Koontz dan Cyril O’Donnell) 

Fungsi Manajemen

Perlu diketahui bahwa fungsi manajemen adalah bagian dari elemen-elemen dasar yang kian melekat dalam sebuah proses manajemen. Fungsi ini juga merupakan acuan seorang manajer dalam melaksanakan kegiatan manajemen tersebut. Adapun fungsi fungsi pokok dari Manajemen itu sendiri antara lain yaitu: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). 

Baca juga: Jenis-jenis uang dalam ilmu ekonomi

Dan untuk memahami fungsi fungsi dasar / pokok tersebut teman teman bisa simak pemaparan dibawah ini.


1. Perencanaan (Planning)

Planing atau Perencanaan adalah serangkaian proses pemilihan/ penetapan tujuan organisasi dan penentuan berbagai strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuaan.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Organizing atau Pengorganisasian yaitu sebuah rangkaian aktivitas yang membagi tugas yang akan dikerjakan, serta pengembangan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan, agar pekerjaan atau sebuah project dapat diselesaikan dengan baik dan lebih efisien.

3. Penyusunan Personalia (Staffing)

Fungsi ketiga ini biasa disebut dengan staffing atau Penyusunan personalia. Hal ini merupakan aktivitas kepegawaian yang ditujukan untuk memperoleh tenaga kerja yang cakap dan dalam jumlah yang tepat. Fungsi staffing sangat berkaitan dengan penarikan, pelatihan, pengembangan kemampuan, serta penempatan, dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerjanya.

4. Pengarahan (Leading/Directing) 

Fungsi keempat yaitu Pengarahan atau directing. Langkah ini adalah bentuk aktivitas didalam proses manajemen yang berkaitan dengan pemberian bimbingan, saran-saran, motivasi, penugasan, perintah-perintah, atau instruksi kepada bawahan untuk melaksanakan beragam bentuk pekerjaan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan.

5. Pengendalian (Controlling)

Fungsi paling dasar terakhir adalah controlling atau pengendalian. Dalam hal ini pengendalian bermakna serangkaian bentuk pengawasan yang bertujuan agar pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Dalam proses controlling ini ada beberapa tahapan yang perlu kita ketahui, yaitu:
1) Menetapkan sebuah standar serta metode agar kita mampu untuk mengukur prestasi atau pencapaian yang telah diperoleh.
2) Mengukur prestasi kerja.
3) Melakukan Komparasi atau perbandingan, apakah prestasi kerja atau kinerja yang diaplikasikan sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan
4) Melakukan koreksi atau evaluasi kerja atas apa yang sudah dan belum diraih.

Mungkin demikianlah uraian materi yang bisa kami sampaikan seputar fungsi manajemen dalam tinjauan ilmu ekonomi. Semoga dapat bermanfaat dan membantu para pembaca dalam memahami substansi yang terkandung dalam manajemen, khususnya terkait dengan ekonomi. Thx for your attention.

Baca juga: Pengertian ekonomi mikro


Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.