Widget HTML Atas

Jelaskan Definisi Malaikat Secara Syar'i

Jelaskan Definisi Malaikat Secara Syar'i
Jelaskan Definisi Malaikat Secara Syar'i

Definisi Malaikat

Menurut bahasa ملائكة adalah bentuk jama' dari ملك. menurut suatu pendapat ia berasal dari ألوية yang bermakna الرسالة  (pengutusan), dan ada yang menyatakan dari لأكل yang bermakna أرسل (mengutus), dan adapula yang berpendapat selain dari keduanya.

Adapun menurut istilah, Malaikat adalah salah satu jenis makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala yang Dia ciptakan khusus untuk taat dan beribadah kepadaNya serta mengerjakan semua tugas-tugasNya. 

Sebagaimana dijelaskan oleh Allah dalam firmanNya,
وَلَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَمَنْ عِنْدَهُ لا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلا يَسْتَحْسِرُونَ (١٩)يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لا يَفْتُرُونَ
"Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) mereka letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya."

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَنُ وَلَدًا سُبْحَانَهُ بَلْ عِبَادٌ مُكْرَمُونَ (26) لَا يَسْبِقُونَهُ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِأَمْرِهِ يَعْمَلُونَ (27)
"Dan mereka berkata, "Tuhan Yang Maha Pemurah telah mempunyai anak.” Mahasuci Allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya."

Sumber : التوحيد للصف الثاني العالي
Penterjemah: Agus Hasan Bashori, Lc
Penerbit : Darul Haq, Jakarta
Editor post : Akhbar

Baca juga: 3 Golongan Yang Masuk Neraka

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.