Widget HTML Atas

Jelaskan Apa Saja Syarat dan Nilai Uang

Syarat-syarat uang
Syarat-syarat uang

Syarat-syarat Uang

Telah dijelaskan di depan bahwa tidak setiap barang atau benda dapat dijadikan uang, terbukti uang barang seperti kerang, gading, atau kulit binatang sulit dijadikan sebagai uang. Berarti agar suatu benda atau barang dapat dijadikan sebagai uang harus memenuhi syarat-syarat tertentu.
Adapun suatu benda dapat berfungsi sebagai uang apabila memenuhi kriteria atau syarat berikut:
a. diterima umum
b. mudah disimpan
c. mudah dibawa
d. tidak mudah rusak
e. mudah dibagi-bagi menjadi satuan ukuran nominal yang lebih kecil
f. mempunyai kestabilan nilai
g. jumlah terbatas
h. tidak mudah ditiru/dipalsukan

Saat ini uang yang beredar di masyarakat adalah uang kertas dan uang logam. Masyarakat menerima dua jenis uang tersebut karena keduanya merupakan uang kepercayaan. Keberadaan uang tersebut dijamin oleh pemerintah.

Baca juga: jenis-jenis uang

Nilai Uang

Apakah uang memiliki nilai? Lalu nilai apa saja yang terkadung pada uang itu?
Mengingat uang dapat digunakan untuk membeli barang kebutuhan, tentu saja uang mempunyai nilai. Nilai uang dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut.

a. Nilai nominal

Nilai nominal adalah nilai yang tertulis/tertera pada uang itu sendiri. Contoh: selembar uang bertuliskan 1.000.000 maka pemerintah atau masyarakat menerima uang tersebut dengan nilai seratus ribu rupiah.

b. Nilai Intrinsik

Nilai intrinsik adalah nilai bahan yang digunakan untuk membuat mata uang. Jadi uang kertas Rp1.000,00 nilai intrinsiknya sama dengan harga/nilai kertas yang digunakan untuk membuat uang kertas Rp1.000,00. Uang logam Rp100,00 nilai intrinsiknya sama dengan harga bahan aluminium yang digunakan untuk membuat uang logam Rp100,00.

c. Nilai Internal

Nilai internal adalah kemampuan/daya beli uang untuk dapat ditukarkan dengan sejumlah barang atau jasa.

d. Nilai Eksternal (kurs mata uang)

Nilai eksternal adalah nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang asing. Misalnya uang rupiah senilai Rp9.800,00 sama nilainya dengan 1 dollar Amerika.

Apabila nilai intrinsik uang sama dengan nilai nominalnya maka hal ini disebut full bodied money, contohnya uang logam. Sedangkan uang yang nilai intrinsiknya lebih kecil dari pada nilai nominalnya disebut fiduciary money, contohnya uang kertas.

Baca juga: Sejarah Singkat Asal Usul Uang

Daftar Pustaka : Idem
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.