Widget HTML Atas

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh
Sejarah awal munculnya kopi berasal dari salah satu daerah di daratan benua Afrika. Lalu kopi menyebar keseluruh dunia dan menjadi salah satu minuman terfavorit di dunia saat ini.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jenis kopi pabrikan yang memiliki macam-macam varian rasa. Mulai dari rasa yang original, rasa coklat, rasa mint, rasa vanilla, rasa moccha, dan varian rasa lainnya.

Namun tahukah anda? Selain memiliki rasa yang khas. Kopi juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dan pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai 9 manfaat kopi untuk kesehatan yang banyak orang belum tahu. Tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak pembahasan kita dibawah ini.

9 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Yang Banyak Orang Belum Tahu

1. Menyegarkan Tubuh

Didalam kopi terdapat senyawa Trimethylxanthine atau yang lebih kita kenal dengan kafein. Senyawa ini bekerja aktif menstimulasi kerja otak dan jantung. Dalam dosis yang pas, Mengkonsumsi kafein akan bermanfaat menyegarkan Tubuh anda. Namun berhati-hatilah mengkonsumsi kafein secara Berlebihan. Bukan kesehatan yang anda dapatkan, justru Anda terancam mengalami gangguan jantung.

Sekedar informasi, tingkat sensitivitas yang dimiliki seseorang terhadap kafein berbeda-beda. Oleh karenanya, sebelum mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak, ada baiknya anda mengenali sejauh mana diri anda mampu menerima senyawa kafein. Untuk awal-awal mencicipi kopi, anda tidak perlu langsung meminum secangkir kopi secara utuh. Anda bisa mencoba meminum setengah cangkir, sebagai awal mula percobaan. Apabila anda merasa jantung anda baik-baik saja, esok harinya anda bisa mencoba meminum secangkir kopi secara utuh. Kemudian baca kondisi anda, jika debaran jantung anda terasa meningkat drastis dan membuat diri anda terasa gelisah, maka kurangilah konsumsi kopi anda. Hal ini menunjukkan bahwa anda masuk dalam kategori "tidak kuat menahan kafein". Anda cukup mengkonsumsi setengah cangkir/harinya.


2. Mengandung Antioksidan

Apel, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, nanas, pepaya, stroberi adalah buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Tapi tahukah Anda? Untuk mendapatkan manfaat antioksidan anda tidak harus selalu memakan buah-buahan. Anda juga bisa mendapatkan asupan antioksidan dengan meminum segelas kopi.

Terlepas dari jenis kopi apa yang anda minum, entah itu kopi instan, kopi luwak, atau kopi hitam. Semakin murni kopi yang anda minum, maka akan semakin tinggi pula kadar antioksidan yang terkandung didalamnya.

Antioksidan berperan penting dalam menjaga  kesehatan tubuh. Banyak penelitian yang membuktikan terkait peranan penting Antioksidan dalam mencegah berbagai jenis penyakit, seperti: Kanker, penyakit kardiovaskular, gangguan kognitif, disfungsi kekebalan tubuh, katarak, alzheimer dan masih banyak lagi.

Jadi, mulai sekarang tidak ada salahnya sesekali menikmati kopi untuk menjaga kesehatan tubuh.


3. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Jika kamu masih merasa lesu dan tidak bergairah, padahal sudah beristirahat cukup dan mengkonsumsi karbohidrat, tidak ada salahnya kamu menyeduh segelas kopi. Menikmati segelas kopi akan memberi anda asupan kafein yang (dalam batas normal) akan melancarkan sistem metabolisme tubuh. Jika sistem metabolisme tubuh anda berjalan lancar, reaksi kimia didalam tubuh dalam memecah karbohidrat menjadi energi akan jauh lebih baik.


4. Mengurangi Resiko Kanker

Sampai saat ini, penyakit kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan dimuka bumi. Banyak ahli kesehatan yang meneliti sebab-sebab dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pemicu munculnya sel kanker dan tindakan apa saja yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker tersebut.

Telah santer diseluruh dunia, bahwa kandungan antioksidan digadang-gadang cukup efektif melawan sel kanker. Dilansir dari Wikipedia, Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Dan oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Dan sel-sel yang rusak inilah yang akan menjadi pemicu munculnya sel kanker.

Dengan meminum secangkir kopi, anda berarti telah memasukkan sejumlah antioksidan yang berfungsi untuk melawan dan menghambat pertumbuhan sel kanker.


5. Meningkatkan Energi Fisik

Meminum secangkir kopi sebelum berlatih adalah hal yang sudah sangat umum ditengah para pelatih dan atlet olahraga. Kandungan kafein didalam kopi dipercaya mampu memberikan booster energi dan memaksimalkan pembakaran karbohidrat didalam tubuh.

Dilansir dari Menshealth, mayoritas orang mungkin mengandalkan berbagai macam vitamin (untuk menghasilkan power-red) Padahal, sebenarnya secangkir kopi juga dapat memberikan jenis manfaat yang sama.

Namun perlu diperhatikan, untuk mendapatkan power yang maksimal, tubuh kita tetap membutuhkan asupan karbohidrat sebelum beraktivitas, terlebih lagi aktivitas yang melibatkan fisik secara konstan. Karena karbohidrat inilah yang akan dipecah menjadi energi dan kafein akan menjadi booster yang membantu darah menyebarkan energi secara cepat keseluruhan jaringan tubuh.


6. Menurunkan Kadar Gula Darah (penderita diabetes)

Para ilmuwan dari Harvard meneliti 100.000 orang selama 20 tahun. Dan penelitian tersebut dipusatkan setiap 4 tahun sekali. Dari hasil penelitian, mereka menemukan bahwa orang-orang yang meminum kopi (lebih dari segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 11% lebih kecil. Sedangkan  orang-orang yang mengurangi konsumsi kopi (hanya segelas sehari) memiliki risiko terkena diabetes 17% lebih tinggi.

Sebagian orang menyimpulkan dari hasil penelitian diatas, bahwa meminum kopi dapat menstimulasi penurunan kadar gula darah. Namun sebenarnya, masih diperdebatkan diantara para ilmuwan mengenai kandungan apa dari kopi yang menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Mereka berpendapat bukan kafein lah yang menyebabkan penurunan kadar gula dalam darah, sebab telah ada penelitian yang menunjukkan, justru kafein dapat menaikkan kadar gula dalam darah dan insulin (dalam jangka waktu pendek).


7. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Menurut beberapa yang beredar, mengkonsumsi kopi diyakini dapat meningkatkan kecerdasan otak seseorang. Namun demikian, perlu diperhatikan, sebab kopi adalah minuman yang mengandung kafein.
  • Kenali diri anda, seberapa kuat anda dapat mengkonsumsi kopi (mengandung kafein),
  • Jangan Berlebihan mengkonsumsi kopi, jika kopi yang anda minum adalah kopi hitam. Cukup bagi anda 1 cangkir/hari. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi hitam lebih tinggi dibandingkan kopi instan sachet.
  • Hindari penggunaan pemanis buatan dalam menyeduh kopi
Intinya yang ingin disampaikan dalam poin ini adalah, mengkonsumsi kopi dalam kadar yang tepat akan memberi manfaat pada kecerdasan otak. Namun tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi kopi, agar jangan Berlebihan.


8. Memperpanjang Usia

Sudah seperti SIM saja, usia bisa diperpanjang, hehe..
Poin ke-8 ini tidak bisa kita klaim secara mutlak, sebab usia setiap manusia, sudah ditentukan sebelum bumi diciptakan.

Namun disini, kita sedang membahas dalam tinjauan medis. Sebagaimana yang telah dipublikasikan oleh Annals of Internal Medicine, bahwa mereka yang secara rutin mengkonsumsi kopi menampakkan hasil yang signifikan dalam mengurangi Resiko kematian. Akan tetapi hal ini masih belum jelas, tidak ditemukan lampiran mengenai senyawa apa yang terkandung dalam kopi yang menyebabkan penurunan resiko kematian.

Ingat, usia sudah ditetapkan, namun tidak ada yang tahu diantara kita. Tugas kita hanyalah berusaha memberikan yang terbaik.


9. Menurunkan Berat Badan

Meski belum ada hasil penelitian secara resmi mengenai kafein dapat menurunkan berat badan, namun ada beberapa teori yang menunjukkan tentang hubungan secara tidak langsung mengapa berat badan bisa turun dengan mengkonsumsi kopi (berkafein).

Beberapa teori tersebut adalah sebagai berikut
  • Kafein telah terbukti dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Yang dimana, apabila sistem metabolisme tubuh berjalan lancar, maka setiap karbohidrat yang masuk kedalam tubuh akan diolah dengan sempurna (tidak terjadi penumpukan lemak)
  • Kafein mampu menstimulasi kinerja jantung untuk lebih aktif memompa darah keseluruh jaringan tubuh. Yang dimana, saat jantung bekerja dengan maksimal, maka akan semakin besar pula energi yang dikeluarkan tubuh. Saat tubuh banyak mengeluarkan energi, peluang untuk menurunkan berat badan pun akan semakin besar.
  • Salah satu penyebab kegemukkan yang paling umum adalah, hoby ngemil atau makan. Dengan meminum kopi, kandungan kafein didalamnya akan menekan nafsu makan Anda. Saat pemasukan karbohidrat (ngemil) anda berkurang, maka menurunkan berat badan bukanlah hal yang mustahil.

Sekian dulu, itu saja pembahasan kita mengenai 9 manfaat kopi untuk kesehatan yang banyak orang belum tahu. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.