Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Jelaskan Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia
Jelaskan Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

1. Sebagai Sumber Energi Tubuh
Fungsi utama dan paling penting dari karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Setiap 1 gram dari karbohidrat dapat menghasilkan energi sebesar 4 kkalori. Karbohidrat tersebar di dalam tubuh, mulai dari sirkulasi darah, organ hati, jaringan otot, dan sebagian sisanya diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Secara umum, bahan-bahan makanan yang mengandung tinggi karbohidrat biasanya kaya akan kandungan serat. Serat ini sangat berperan penting untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar di dalam tubuh.

3. Mengoptimalkan Fungsi Protein
Saat kebutuhan karbohidrat harian tidak terpenuhi, tubuh akan mengubah protein menjadi sumber energi. Akibatnya adalah protein yang seharusnya berperan sebagai zat pembangun tubuh, justru menjadi tidak optimal, karena diubah menjadi sumber energi bagi tubuh. Apabila kebutuhan karbohidrat terpenuhi dengan baik, maka protein pun dapat mengoptimalkan tugas utamanya yaitu sebagai zat pembangun tubuh.

4. Mengatur Metabolisme Lemak
Karbohidrat juga berperan sebagai pengatur metabolisme lemak di dalam tubuh. Sebab, karbohidrat dapat mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna di dalam tubuh.

Baca Juga : Jenis Jenis Karbohidrat
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara.