Widget HTML Atas

9 Karakter Pemimpin yang Baik dan Layak Dipilih


Karakter Pemimpin
9 Karakter Pemimpin yang Baik dan Layak Dipilih
Setiap orang mungkin memiliki definisi tersendiri saat memaknai arti kepemimpinan menurut pandangannya. Namun, terlepas dari bagaimana Anda mendefinisikan seorang pemimpin, yang terpenting adalah seorang pemimpin tersebut mampu menjadi tonggak kebenaran ditengah tengah perselisihan para anggotanya. Dan mampu menjadi pembeda serta pemisah antara kesuksesan dengan kegagalan.

Dan pada kesempatan kali ini, seperti judul yang sudah kita saksikan bersama, kita akan membahas mengenai 9 karakter pemimpin yang baik dan membuatnya layak untuk dipilih. Dan untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita simak uraian lengkapnya dibawah ini.

9 Karakter Pemimpin Yang Baik Dan Layak Dipilih


1. Kejujuran dan Integritas

Baginda Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda: "Berlaku jujurlah dirimu, karena kejujuran akan membawa pada kebaikan". Tidak perlu diragukan lagi, kejujuran adalah fondasi utama bagi seorang pemimpin agar dapat membawa orang orang yang dipimpinnya menuju pada keselamatan, keberkahan, dan kesuksesan.

Namun tidak hanya dengan kejujuran, seorang pemimpin harus memiliki integritas yang tinggi dalam memajukan apa yang ia pimpin demi kemaslahatan dirinya dan orang orang yang ia bawa dibawah kepemimpinannya. Tanpa dua karakter ini, kepemimpinan akan berujung pada pengkhianatan.

2. Percaya Diri

Untuk menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh, diperlukan rasa percaya diri yang tinggi. Sebab tanpa rasa percaya diri, seseorang akan mengalami kesulitan untuk meyakinkan bawahannya agar mengikuti perintah yang diberikan. Karena bagaimana mungkin seseorang akan mengikuti kita, sedangkan kita meragukan akan kemampuan diri kita sendiri.

Dengan menghadirkan rasa percaya diri didalam hati, seseorang akan mampu bersikap tegas dalam melahirkan setiap kebijakan yang membawa kebaikan pada bawahannya.

3. Menginspirasi

Karakter pemimpin yang ketiga adalah mampu menginspirasi. Meskipun cukup diakui bahwa mengajak orang lain untuk mengikuti kita bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti hal tersebut adalah sesuatu yang mustahil. Sebab dengan menginspirasi secara langsung melalui tindakan nyata, akan memberi dampak positif dan motivasi pada anggota untuk mengikuti atasannya.

Oleh karenanya, karakter pemimpin yang mampu menginspirasi lewat tindakan yang nyata jauh lebih bermanfaat dibandingkan janji manis belaka yang membuai para bawahan hingga akhirnya larut dalam ketidakberhasilan, kegagalan dan ketidakproduktifan.

4. Penuh Komitmen Dan Bersemangat

Ingat, bawahan atau rekan yang berada dibawah kepemimpinan seseorang akan menilai, apakah orang yang memimpin dirinya memilik semangat dalam menjalankan amanah. Ataukah pemimpin tersebut memiliki komitmen dalam menjalankan kebijakan. Dan semua itu akan terbias dan tertular pada rekan yang berada disekitar pemimpin tersebut.

Pemimpin yang bersemangat akan melahirkan bawahan yang penuh spirit, dan pemimpin yang berkomitmen akan melahirkan para bawahan yang penuh dengan rasa tanggung jawab. Komitmen dan semangat adalah karakter penting yang wajib dimiliki seorang pemimpin.

5. Komunikator Yang Baik

Satu lagi karakter penting yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah mampu berkomunikasi dengan baik, terlebih khusus dengan orang yang berada dibawah kepemimpinannya. Karena tanpa karakter yang satu ini, bagaimana mungkin seorang pemimpin mampu menyampaikan visi dan misinya kepada para rekan seperjuangan atau tim yang sedang ia pimpin.

Ingatlah, kata kata memiliki kekuatan yang mampu untuk menggerakkan hati seseorang. Betapa banyak manusia sukses hanya bermodalkan sepotong kata penyemangat agar tetap optimis dan berusaha. Dengan cara dan metode yang efektif, komunikasi akan menghasilkan kerjasama dan sinergi yang baik antara pemimpin dengan tim atau bawahannya.

Baca Juga : Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

6. Kemampuan Membuat Keputusan

Selain memiliki pandangan yang jauh kedepan, seorang pemimpin selayaknya mampu membuat sebuah keputusan yang bijak ditengah tengah problema yang dihadapinya. Sebab, keputusan yang diambil seorang pemimpin akan memberi dampak yang sangat besar di masa depan bagi perusahaan, instansi atau bahkan negara yang dipimpinnya.

7. Delegasi Dan Pemberdayaan

Ketahuilah, tidak semua hal dan permasalahan bisa diselesaikan seorang diri. Fokus kepada permasalahan yang bersifat prioritas merupakan poin penting bagi seorang pemimpin, dan menyerahkan sebagian urusan sekunder kepada bawahan yang memiliki kompeten akan membangun kepercayaan antara pemimpin dengan anggotanya, dan yang lebih penting dari itu semua adalah seorang pemimpin dapat lebih fokus menyelesaikan tugas tugasnya, dan menghasilkan kinerja yang lebih baik untuk pertumbuhan perusahaan, instansi atau bahkan negara.

8. Kreatif Dan Inovatif

Karakter pemimpin yang harus dimiliki berikutnya adalah sifat kreatif dan inovatif. Salah seorang Founder perusahaan teknologi di California mengatakan yang maknanya lebih kurang adalah: "Hal yang membedakan antara seorang pemimpin dengan pengikut adalah Inovasi".

Kemampuan berinovasi adalah sebuah harga mati untuk seorang pemimpin agar dapat bertahan ditengah persaingan sengit saat ini. Bahkan tidak hanya inovatif, seorang pemimpin juga dituntut untuk memiliki tingkat kreatif dalam mengembangkan bisnis atau apapun yang berada dibawah kepemimpinannya.

9. Empati

Empati adalah karakter penting yang harus dimiliki seorang pemimpin jika ingin dicintai oleh para bawahannya. Dan karakter inilah yang mulai banyak hilang dari kepribadian para leader yang menjabat sebagai pemimpin saat ini. Dimana kebanyakan mereka memimpin dengan gaya diktator dan mengabaikan empati kepada para bawahannya.

Padahal, seorang pemimpin tidak akan dapat menjalankan seluruh tugasnya dengan baik, tanpa dukungan para anggota yang berada dibawah kepemimpinannya. Fahami kondisi para anggota, rasakan kepedihan mereka, dan jalin hubungan yang lebih dekat, karena dengan empati itulah terkadang mereka mau berjuang bersama pemimpin mereka, menghadapi masalah bersama dan menyelesaikannya.

Okelah, kita cukupkan sampai disini. Bintang barat terbit petang, bintang timur terbit pagi, jika tidak melarat panjang, ada umur ketemu lagi. Sekian pembahasan kali ini mengenai 9 Karakter Pemimpin Yang Baik Dan Layak Dipilih. Semoga bermanfaat dan assalamu'alaikum. Jangan lupa share yah.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.