Widget HTML Atas

10 Tips Sehat di Bulan Puasa Ramadhan

Tips Sehat di Bulan Puasa Ramadhan
10 Tips Sehat di Bulan Puasa Ramadhan
Bulan suci ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh kaum muslimin di seluruh belahan dunia. Pada bulan ramadhan kaum muslimin melakukan ibadah puasa, yaitu dengan menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa, termasuk salah satunya dan yang paling utama adalah menahan diri dari makan dan minum mulai saat terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Tidak jarang muncul pertanyaan, bagaimana caranya atau tips bagi kita agar tetap sehat di bulan puasa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kami telah merangkum 10 tips sehat di bulan puasa ramadhan yang bisa para pembaca simak dan ikuti di bawah ini.

10 Tips Sehat di Bulan Puasa Ramadhan

1. Akhirkan Waktu Sahur Anda

Tips sehat di bulan puasa yang pertama adalah dengan mengakhirkan waktu sahur. Maksudnya adalah aturlah waktu santap sahur Anda agar lebih mendekati waktu berakhirnya bersahur. Misal : Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, waktu berakhirnya sahur sekitar pukul 04:09 WIB. Maka Anda bisa mengatur waktu santap sahur Anda dimulai dari pukul 03:30 WIB. Sehingga, saat Anda telah selesai santap sahur, mungkin waktu menunjukkan sekitar pukul 04:00 bila Anda makan dengan durasi setengah jam. Mengakhirkan waktu santap sahur ini penting. Bukan hanya ditinjau dari segi kesehatan, dimana kita dapat menyimpan karbohidrat lebih lama, sehingga dapat beraktivitas lebih lama selama bulan puasa, mengakhirkan sahur juga merupakan amalan sunnah yang bernilai pahala bagi kaum muslimin yang mengamalkannya.

2. Kontrol Jumlah Makanan Manis Yang Anda Konsumsi

Adapun yang kami maksud mengontrol konsumsi makanan manis adalah melihat kondisi dan waktu kapan waktu yang tepat untuk memakannya. Mengkonsumsi sejumlah makanan manis saat sahur dan berbuka puasa bukanlah hal yang terlarang dalam tinjauan kesehatan. Justru, ketika berbuka kita dianjurkan untuk mengkonsumsi sejumlah makanan manis entah itu kurma, kue, atau minuman manis seperti es teh. Tujuannya adalah memberi asupan karbohidrat bagi tubuh agar dapat melakukan kembali metabolisme yang menghasilkan energi. Namun perlu diingat, agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar, perkirakan jumlah asupan makanan atau minuman manis yang Anda konsumsi. Jangan sampai berlebihan sehingga bukan menjadikan tubuh Anda sehat, malah membuat Anda terkena penyakit gula. Kami rasa segelas es teh dan beberapa potong kue atau kurma sudah cukup bagi Anda.

3. Perhatikan Jumlah Asupan Air Mineral di Tubuh Anda

Tips Sehat di Bulan Puasa yang ketiga adalah memperhatikan jumlah cairan di dalam tubuh kita dengan mengontrol asupan air mineral saat sahur dan berbuka. Perhatikanlah apa yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka. Air mineral harus selalu jadi utama. Usahakan setidaknya Anda mengkonsumsi 400ml Air mineral ketika sahur. Asupan air mineral yang cukup akan membantu tubuh Anda dalam melakukan proses metabolisme. Tentu saja, proses metabolisme tubuh yang baik akan membantu tubuh Anda agar tetap fit sepanjang hari selama bulan puasa.

4. Konsumsi Vitamin Bila Perlu

Langkah ke empat untuk menjaga kesehatan tubuh di bulan puasa yaitu dengan mengkonsumsi vitamin. Ada banyak sekali jenis vitamin yang beredar, Anda tentu tidak perlu membeli dan meminum semuanya. Beberapa vitamin yang umum dikonsumsi saat bulan puasa lain seperti vitamin C dan vitamin B. Kegunaan vitamin C ini secara umum dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh kita terhadap kondisi cuaca, dan aktivitas kita sehari-hari yang mungkin cukup membuat kita terbebani. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu tubuh kita dalam menangkal radikal bebas. Sedangkan vitamin B berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik.

5. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayuran

Kalau Anda kurang suka dengan mengkonsumsi vitamin dalam bentuk tablet/pil, Anda bisa meningkatkan jumlah asupan buah dan sayuran harian Anda. Tujuannya sama, yaitu meningkatkan asupan nilai vitamin pada tubuh Anda. Asupan vitamin yang seimbang akan membantu menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap sehat dan fit sepanjang hari meskipun Anda sedang berpuasa.

6. Perhatikan Waktu Tidur Anda

Bagi Anda yang bekerja, memperhatikan kondisi kesehatan tubuh tentu harus lebih teliti lagi di bandingkan bulan-bulan selain bulan puasa. Dan salah satu tips untuk menjaga kesehatan di bulan puasa adalah memperhatikan jam tidur Anda. Hindarilah begadang menghabiskan waktu yang tidak berguna, seperti : nonton drakor, ngegame, atau baca komik hingga tengah malam. Namun, bila Anda ingin melakukan sholat tahajjud tengah malam hingga berjam-jam, kami sarankan kepada Anda agar tidur lebih awal (ba'da isya). Sehingga kebutuhan tubuh Anda untuk tidur dapat terpenuhi meski dengan waktu yang lebih awal.

7. Berolahraga Ringan di Sore Hari

Tips sehat di bulan puasa yang ketujuh adalah melakukan olahraga ringan di sore hari menjelang waktu berbuka. Meskipun dalam suasana ramadhan, kita tetap butuh untuk menjaga kondisi fisik kita agar tetap fit sepanjang hari. Dan salah satu tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap sehat yaitu melakukan olahraga ringan seperti : jalan sore keliling komplek, atau pun bersepeda santai di sore hari sambil membeli panganan untuk berbuka puasa.

8. Pilih Menu Makanan Yang Kaya Akan Serat

Tips sehat di bulan puasa yang kedelapan adalah mengkonsumsi makanan atau menu yang kaya akan kandungan serat, seperti : agar-agar, bubur gandum, kacang hijau, sayur-mayur, dan buah-buahan. Mengutamakan makanan yang kaya akan kandungan serat di bulan puasa akan membantu kita menjaga kesehatan pencernaan dan menjadikan perut kita terasa kenyang lebih lama.

9. Hindari Makan Berlebih Saat Berbuka

"Makan dan minumlah kalian dan jangan berlebihan" begitulah pesan yang terkandung di dalam alquran. Tips sehat di bulan puasa yang kesembilan yaitu menghindari makan secara berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan pernah berakhir dengan baik, begitu pula dengan makan yang berlebihan. Apalagi di bulan puasa, kita perlu mengkondisikan perut kita agar tetap dapat melanjutkan aktivitas di malam hari yakni shalat tarawih. Ditinjau dari sisi kesehatan, mengkonsumsi makanan secara berlebihan juga akan memberi dampak buruk bagi kesehatan pencernaan kita, memicu diabetes, mengganggu kinerja ginjal, mengganggu kesehatan mental, memperburuk sistem metabolisme, dan banyak bahaya lainnya.
Tips Sehat di Bulan Puasa
Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini mengenai beberapa tips sehat yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat dan fit sepanjang hari selama bulan ramadhan. Terima kasih atas perhatiannya dan selamat berpuasa.

Source : https://www.ilmupengetahuan.id/2019/12/tips-sehat-di-bulan-puasa-ramadhan/

Baca Juga : Daftar Negara Pengguna WhatsApp Terbesar di Dunia
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.