Widget HTML Atas

Sebutkan Syarat Syarat Terjadinya Interaksi Sosial !

Sebutkan Syarat Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
Sebutkan Syarat Syarat Terjadinya Interaksi Sosial !

Syarat Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Berikut adalah 2 syarat agar terjadinya interaksi sosial :
 
1. Kontak Sosial
Kata kontak berasal dari “con” atau “cum” yang artinya bersama- sama dan kata “tsango” yang artinya menyentuh. Jadi secara harfiah kontak berarti saling menyentuh. Tetapi dalam sosiologi, kata kontak tidak hanya berarti saling menyentuh secara fisik belaka. Sebagai gejala sosial yang saling berhubungan, berhadapan/bertatap muka antara dua orang individu atau kelompok tanpa bersentuhan secara fisik satu sama lain.

2. Komunikasi Sosial
Kata komunikasi berasal dari bahasa latin, “communicare” yang artinya memberi atau menanamkan. Kata communicare itu sendiri berakar dari kata “communis” yang artinya umum. Komunikasi mempunyai banyak makna. Secara sederhana bisa diartikan tidakan atau perbuatan mengirimkan atau meneruskan sesuatu. Salah satunya adalah pesan/ informasi secara lisan maupun tulisan. Komunikasi dapat diartikan suatu cara menyampaikan pesan dari satu pihak ke pihak yang lain sehingga terjadi pengertian bersama. Pengertian komunikasi lebih ditekankan pada bagaimana pesan tersebut diproses. 

Baca Juga : Jelaskan Ciri Ciri Lembaga Sosial!

Sumber : Sosiologi Kontekstual : Untuk SMA & MA Kelas X / Penulis, Atik Catur Budiati ; editor, Rudi Hermawan, illustrator, Adi Wahyono. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.