Contoh Pemuaian Dalam Kehidupan Sehari Hari !

Sebutkan Contoh Pemuaian Dalam Kehidupan Sehari Hari ! Konsep pemuaian zat tenyata dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah uraiannya.
Contoh Pemuaian Dalam Kehidupan Sehari Hari
Sebutkan Contoh Pemuaian Dalam Kehidupan Sehari Hari !

Contoh Pemuaian dalam Kehidupan Sehari-Hari

Konsep pemuaian zat tenyata dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Termometer
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa pemuaian juga terjadi pada zat cair sepeeti air raksa dan alkohol. Dalam hal ini pemuaian yang terjadi pada air raksa dapat dimanfaatkan sebagai bahan penunjuk suhu pada termometer.

2. Keping Bimetal
Contoh pemuaian pada benda ata zat padat seperti keping metal. Keping bimetal adalah penggabungan dua jenis batang logam yang memiliki koefisien muai panjang yang berbeda. Keping ini sangat peka terhadap suhu. Karena koefisien muai dua logam yang digabungkan berbeda, maka ketika dipanaskan keping ini akan melengkung ke arah logam yang koefisien muai panjangnya lebih kecil. Sebaliknya, ketika didinginkan, lengkungannya akan mengarah pada logam yang koefisien muai panjangnya lebih besar. Keping bimetal digunakan pada lampu tanda arah pada mobil atau sepeda motor, termometer bimetal, termostat bimetal (alat pengatur suhu yang berfungsi sebagai sakelar otomatis pada alat-alat rumah tangga, seperti setrika listrik, oven listrik, lemari es, pemanas), dan saklar termal untuk alarm kebakaran.

3. Pengelingan Pelat Logam
Pengelingan adalah proses penyambungan dua batang logam dengan paku keling. Mula-mula kedua logam yang akan dikeling sudah dilubangi. Bagian lubangnya dipanaskan hingga agak besar dengan tujuan agar paku keling mudah masuk. Setelah paku masuk, pema- nasan dihentikan dan paku ditempa agar setelah suhu dingin lubang logam akan menyusut dan mengikat erat paku keling.

4. Pemasangan Bingkai Besi pada Roda
Dalam hal ini, prinsip pemuaian digunakan untuk mempermudah pemasangan bingkai besi pada roda. Ban baja yang berdiameter lebih kecil dari roda besi dipanaskan hingga memuai dan diameternya membesar. Kemudian, ban baja dipasang pada roda dengan tujuan agar setelah suhu dingin kembali, ban baja akan menyusut dan menempel kuat pada roda.

Demikian beberapa contoh pemuaian dalam kehidupan sehari-hari. Baik pemuaian zat padat maupun zat cair. Terima kasih telah menyimak hingga akhir tulisan singkat ini. Bagikan juga tulisan ini ke teman-temanmu.

Baca Juga : Penjelasan Skala Pada Termometer

Sumber : Alam Sekitar IPA Terpadu : untuk SMP/MTs Kelas VII /penulis Diana Puspita, Iip Rohima : penyunting, Akfen Efendi . — Jakarta Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 20:09.