Widget HTML Atas

Sebutkan Ciri Ciri Makhluk Hidup dan Jelaskan Dengan Singkat !

Sebutkan Ciri Ciri Makhluk Hidup dan Jelaskan Dengan Singkat
Sebutkan Ciri Ciri Makhluk Hidup dan Jelaskan Dengan Singkat !

Ciri Ciri Makhluk Hidup

1. Bernapas
Semua makhluk hidup bernapas. Manusia bernapas dengan menghirup oksigen dari udara menggunakan alat pernapasan. Mulai dari hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Bagaimana halnya dengan makhluk hidup yang hidup di air, misalnya ikan? Ikan juga bernapas, tetapi alat pernapasannya bukanlah paru-paru seperti yang dimiliki manusia. Ikan bernapas menggunakan insang. Adapun pada burung, selain menggunakan paru- paru, pernapasannya dibantu oleh pundi-pundi udara.

2. Makan
Makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup. Tanpa makan, kamu akan merasa lemas sebab tidak ada energi. Tidak ada makhluk hidup yang dapat bertahan hidup tanpa makan sama sekali. Mungkin ada manusia yang masih dapat bertahan hidup tanpa makan untuk jangka waktu beberapa hari. Namun, tak ada seorang pun yang dapat tetap bertahan hidup jika terus-menerus tidak makan sama sekali.

3. Bergerak
Ciri ciri makhluk hidup yang lain adalah bergerak. Manusia berjalan, berlari, menulis, dan gerakan lainnya merupakan contoh gerak. Meskipun tidak berpindah tempat, manusia masih dapat melakukan gerakan, misalnya mengedipkan mata. Gerak bukan hanya berarti perpindahan tempat, tetapi juga mencakup gerakan anggota tubuh. Berbagai jenis hewan dapat pula melakukan gerak. Gerak pada hewan biasanya menggunakan alat gerak tertentu. Misalnya, macan berlari dengan menggunakan kaki, burung terbang dengan menggunakan sayap, dan ikan berenang dengan bantuan sirip.
 
4. Menanggapi Rangsangan
Jika kamu menyentuh benda panas, pasti kamu akan segera menarik tangan. Demikian pula jika matamu tiba-tiba tersorot lampu yang sangat terang, kamu akan berusaha agar tidak terlalu silau dengan memicingkan mata. Hal tersebut merupakan beberapa bukti bahwa kita mampu mereaksi rangsang. Sebagai makhluk hidup, manusia memiliki kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan bereaksi terhadap rangsang hanya dimiliki makhluk hidup. Pernahkah kamu melihat batu yang berusaha menghindar agar tidak terlindas mobil? Tentu saja tidak. Makhluk tak hidup tidak bisa menanggapi rangsang sebab mereka tidak bisa menangkap adanya rangsang.
 
5. Tumbuh
Pertumbuhan merupakan proses penambahan ukuran, berat, dan volume tubuh makhluk hidup. Hewan dan tumbuhan mengalami proses pertumbuhan. Misalnya, suatu biji yang ditanam akan mengalami perkecambahan dan menjadi tumbuhan dewasa. Pada hewan, misalnya katak, pertumbuhan diawali dari telur yang akan berubah menjadi berudu. Berudu tersebut akan berubah menjadi katak muda dan selanjutnya menjadi katak dewasa.

6. Berkembangbiak
Ayam bertelur dan kucing beranak merupakan contoh makhluk hidup yang berkembang biak. Semua makhluk hidup memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Berkembang biak adalah cara makhluk hidup untuk mempertahankan jenisnya dengan melahirkan keturunan. Cara berkembang biak pada setiap makhluk hidup berbeda-beda. Pada hewan, berkembang biak bisa dengan cara beranak dan bertelur. Hewan yang beranak, misalnya kucing dan anjing. Adapun burung berkembang biak dengan cara bertelur.

Baca Juga : Ciri Ciri Virus dan Penjelasannya

Sumber :  Belajar IPA I : Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VII / penulis, Saeful Karim [et al] . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.