Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan 5 Fungsi Negara ?

Sebutkan 5 Fungsi Negara
Sebutkan 5 Fungsi Negara ?

5 Fungsi Negara

Menurut Charles E. Merriem dalam buku “The Making of Citizens: A Comparative Study of Methods of Civic Training” (1961), ada lima fungsi negara, yaitu:
 
1) Menegakkan keadilan
Hal ini dilaksanakan melalui badan-badan peradilan yang ada.
2) Perlindungan
Negara mempunyai fungsi perlindungan, yakni memberi perlindungan terhadap warga negaranya, baik yang ada di dalam maupun di luar negeri
3) Pertahanan
Guna menjaga keutuhan dan kelangsungan hidup, negara mempunyai fungsi pertahanan. Untuk menghindari segala kemungkinan ancamanan serangan dari dalam maupun luar, maka negara dilengkapi dengan alat-alat pertahanan.
4) Melaksanakan penertiban
Untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah berbagai bentrokan dalammasyarakat, negara harus melaksanakan fungsi penertiban. Dapat dikatakan bahwa negara bertindak sebagai "stabilisator" terhadap berbagai gejolak atau gangguan yang mungkin terjadi.
5) Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Pada masa sekarang fungsi ini dianggap sangat penting t erutama bagi negara-negara baru. Pandangan ini di Indonesia tercermin dalam usaha pemerintah untuk melaksanakan pembangunan yang berkesinambungan.

Baca Juga : Pengertian Pengakuan De Facto

Sumber : Pendidikan Kewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.