Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan Virus Dalam Kehidupan

Peranan Virus Dalam Kehidupan
Peranan Virus Dalam Kehidupan

Peranan Virus Dalam Kehidupan

Pada umumnya, virus menyebabkan berbagai penyakit pada makhluk hidup. Namun, tidak semua virus merugikan. Beberapa virus sengaja dibudidayakan manusia untuk tujuan tertentu, yaitu meningkatkan kesejahteraan manusia. Beberapa manfaat virus antara lain ialah:
  • Bakteri yang mengandung profag bermanfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit.
  • Untuk membuat interferon dari virus melalui rekayasa genetika.
  • Untuk membuat vaksin (mikroorganisme yang dilemahkan sehingga sifat patogenitasnya hilang, akan tetapi sifat antigenitas tetap).
  • Untuk membuat peta kromosom.
Baca Juga : Sistem Reproduksi Virus

a. Penggunaan Virus Untuk Medis

Teknologi kedokteran telah menggunakan bakteriofag (fag virulen) untuk mengenal dan mengidentifikasikan bakteri patogen. Ketahanan dan kerentanan bakteri terhadap serangan bakteriofag dapat digunakan untuk menentukan galur-galur bakteri dalam sistem klasifikasinya. Setiap galur bakteri menunjukkan tipe lisis tertentu apabila terinfeksi oleh tipe fag tertentu pula. Cara menentukan galur bakteri dengan melihat tipe lisis setelah diinfeksi fag tertentu disebut penentuan tipe fag. Proses penentuan ini secara rutin dipakai untuk mengidentifikasikan bakteri patogen, misalnya stafilokokus dan basilus tifoid. Jadi, fag merupakan alat untuk mendiagnosis suatu penyakit dan untuk mengikuti penyebaran penyakit di masyarakat.

Lisogenik pada bakteri merupakan suatu model konseptual untuk menelaah virus onkogenik (virus penyebab kanker) karena virus-virus itu juga mempunyai kemampuan untuk mengekalkan materi genetiknya dalam sel – sel yang terinfeksi.


b. Penggunaan Virus Untuk Mengukur Dosis Radiasi

Kerentanan fag-fag tertentu terhadap radiasi yang telah diketahui dengan tepat digunakan untuk mengukur dosis radiasi. Hal itu dilakukan dengan cara mencampur fag ke dalam bahan yang akan diradiasi. Dosis radiasi kemudian dapat dihitung dari derajat kerusakan yang dialami oleh bakteriofag itu.

 Baca Juga : Sejarah Penemuan Virus

c. Pengunaan Virus Untuk Membasmi Hama Tanaman

Dalam bidang pertanian, virus dapat digunakan sebagai biopestisida untuk membasmi hama tanaman budidaya, misalnya baculovirus. Virus ini apabila disemprotkan pada tanaman budidaya, tanpa sengaja akan termakan oleh serangga hama. Serangga hama menjadi sangat rakus dan sempat melakukan perkawinan. Akibatnya, virus itu menyebar ke serangga lain melalui perkawinan dan menyebabkan kematian massal.

Kerugian yang Disebabkan oleh Virus 

Selain bermanfaat, virus juga dapat menimbulkan kerugian, terutama karena dapat menyebabkan penyakit pada manusia, hewan, dan tumbuhan.

a. Virus penyebab penyakit pada manusia

Virus penyebab penyakit pada manusia:
1. Herpesvirus varicelae, penyebab penyakit cacar.
2. Virus polio,  penyebab    penyakit poliomielitis (Gambar 5.14).

Bentuk virus polio
Bentuk virus polio
3. Virus influenza, penyebab penyakit influenza atau flu.
4. Virus morbili, penyebab penyakit campak.
5. Virus rabies, penyebab penyakit rabies.
6. Virus H5N1, penyebab penyakit flu burung (avian influenza) (Gambar 5.15).

Peranan Virus Dalam Kehidupan
Virus H5N1

7. Paramyxovirus (virus parotitis), penyebab penyakit gondong. 
8. HIV (Human Immunodeficiency Virus), penyebab AIDS (Gambar 5.16).

Peranan Virus Dalam Kehidupan
Peranan Virus Dalam Kehidupan


Daftar Pustaka Materi IPA - Peranan Virus Dalam Kehidupan

Biologi Pertanian Jilid 2 untuk SMK /oleh Amelia Zuliyanti Siregar, Utt Widyastuti Suharsono, Hilda Akmal, Hadisunarso, Sulistijorini, Nampiah Sukarno, Anja Merdiyani, Tri Heru W., Raden Roro Dyah Perwitasari Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.