Widget HTML Atas

Jelaskan Tujuan Negara Menurut Para Ahli

Jelaskan Tujuan Negara Menurut Para Ahli
Jelaskan Tujuan Negara Menurut Para Ahli
Setiap negara didirikan tentu mempunyai tujuan. Pada hakikatnya, tujuan setiap negara berbeda antara negara satu dengan negara lainnya. Hal ini disesuaikan dengan pandangan hidup rakyat dan landasan pandangan hidup yang bersumber pada nilai-nilai luhur bangsa tersebut. Setiap negara, tujuan negara dirumuskan dalam konstitusianya atau pada hukum dasar negara tersebut. Beberapa pendapat para ahli tata negara mengenai tujuan negara adalah sebagai berikut.

Tujuan Negara Menurut Para Ahli

1) Menurut JJ. Rousseau

Tujuan negara adalah untuk membentuk suatu persamaan serta kebebasan yang diperuntukkan bagi semua warganya.

2) Menurut Roger H. Soltau

Tujuan negara adalah membuat suatu kemungkinan serta kesempatan berkembang bagi rakyatnya dan mengembangkan kreativitas sebebas mungkin.

3) Menurut Harold J. Laski

Tujuan negar adalah membentuk suatu suasana yang baik supaya setiap warga negara mampu meraih cita-cita yang diharapkan.
Perbedaan definisi tujuan negara dari beberapa ahli tata negara di atas, pada hakikatnya dipengaruhi oleh situasi serta latar belakang negara asal para ahli tata negara tersebut. Ideologi resmi dari suatu negara sangat mempengaruhi tujuan negara. Misalnya, tujuan negara komunis adalah menciptakan kemakmuran bersama secara menyeluruh bagi segenap warga negara secara merata dan terciptanya kehidupan masyarakat tanpa kelas (strata). Tujuan negara liberal adalah menciptakan kemerdekaan dan pencapaian kebebasan tiap-tiap individu (warga negara) hingga dapat terpenuhi kesejahteraan hidupnya.

Baca Juga : Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Sumber : Pendidikan K ewarganegaraan / penulis, Atik Hartati, Sarwono. — Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.