Widget HTML Atas

Jelaskan Pengertian Lembaga Sosial !

Jelaskan Pengertian Lembaga Sosial
Jelaskan Pengertian Lembaga Sosial !

Pengertian Lembaga Sosial 
Lembaga sosial disebut juga pranata sosial atau institusi sosial. Lembaga sosial adalah seperangkat aturan yang berkisar suatu kegiatan atau kebutuhan sosial tertentu. Berbagai kegiatan atau kebutuhan sosial menyebabkan munculnya berbagai pranata di berbagai bidang kehidupan. Definisi lembaga sosial menurut para ahli sosiologi sebagai berikut.

a. Pengertian Lembaga Sosial Menurut Robert Mac Iver dan C.H. Page 
Lembaga sosial merupakan merupakan prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang bergabung dalam suatu kelompok masyarakat yang disebut asosiasi.

b. Pengertian Lembaga Sosial Menurut Liopold Von Wilse dan Becher 
Lembaga sosial adalah suatu jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok sosial yang berfungsi memelihara hubungan serta polanya sesuai dengan minat dan kepentingan manusia dalam kelompoknya.

c. Pengertian Lembaga Sosial Menurut Harton 
Lembaga sosial adalah suatu sistem hubungan sosial yang mengandung nilai-nilai dan prosedur tertentu dalam usaha memenuhi kebutuhan- kebutuhan pokok masyarakat.

d. Pengertian Lembaga Sosial Menurut Landis 
Lembaga sosial adalah struktur budaya formal yang dirancang untuk menemukan dan memenuhi kebutuhan sosial pokok.
Di Indonesia istilah lembaga sosial disebut lembaga kemasyarakatan, sebab pengertian lembaga menunjukkan suatu bentuk yang  mengandung pengertian yang abstrak, adanya norma-norma dan peraturan yang menjadi ciri dari lembaga tersebut.

Baca Juga : Jelaskan Pengertian Interaksi Sosial!

Sumber : Sosiologi : untuk SMA / MA Kelas XII Program Studi Ilmu Sosial / penyusun Ruswanto ; editor, Ayang Susatya, Sugeng Raharjo ; illustrator, Nashirudin. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.