Widget HTML Atas

Jelaskan Pengertian Hipotesis Dalam Penelitian - Sosiologi !

Jelaskan Pengertian Hipotesis Dalam Penelitian
Jelaskan Pengertian Hipotesis Dalam Penelitian - Sosiologi

Pengertian Hipotesis

Hipotesis adalah suatu pernyataan yang belum pasti. Dan untuk membuktikan benar salahnya suatu hipotesis diperlukan suatu penelitian melalui analisis secara cermat terhadap data-data yang terkumpul. 

Contoh Bentuk Hipotesis 

Semua orang yang terlibat kerusuhan sosial adalah orang-orang miskin atau hipotesis yang menyatakan bahwa orang yang terlibat kerusuhan hanya ingin menunjukkan keberadaannya sebagai warga negara. 

Penjelasan

Pada umumnya, hipotesis diperoleh dengan menjabarkan asumsi- asumsi. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa hipotesis adalah kesimpulan awal yang harus dibuktikan kebenarannya. Hipotesis dapat pula diartikan sebagai suatu kesimpulan yang belum final dan dianggap berpeluang besar untuk menjadi benar. Dalam hipotesis ditentukan pula kriteria-kriteria hipotesis yang baik. Kriteria-kriteria tersebut antara lain adanya ruang lingkup yang terbatas, hipotesis yang disajikan sesuai dengan fakta-fakta yang ada, hipotesis tersebut dapat diuji kebenarannya, hipotesis dinyatakan secara sederhana serta menggunakan variabel-variabel yang tegas.

Baca Juga : Jelaskan Pengertian Generalisasi dan Contohnya!

Sumber : Sosiologi: untuk SMA/MA kelas X/ Oleh Vina Dwi Laning; editor Marina Meinaris Wari.
— Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.