Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Generalisasi dan Contohnya !

Pengertian Generalisasi dan Contohnya
Jelaskan Pengertian Generalisasi dan Contohnya !

Menguasai berbagai cabang ilmu adalah sebuah hal bermanfaat yang tentunya dapat berguna sewaktu-waktu. Termasuk juga memahami banyak literasi. Salah satu kata yang mungkin sering kita dengar adalah generalisasi. Kata generalisasi umumnya sering kita temui dalam dialog atau debat terbuka, baik di sosial media, radio, atau pun televisi. Namun yang menjadi permasalahan, akibat rendahnya minat warga Indonesia terhadap literasi, banyak yang belum mengerti apa itu generalisasi. Nah! bagi yang belum tahu apa itu generalisasi, simak pengertian generalisasi di bawah ini.

Pengertian Generalisasi

Generalisasi adalah proses memperoleh suatu kesimpulan secara umum. Kesimpulan umum diperoleh seseorang karena berbagai pengalaman atau hasil pengamatan yang berulang kali.

Contoh Generalisasi

Sebagai contohnya, pada kerusuhan di Ambon, ditemukan adanya perusakan fasilitas publik. Demikian pula kerusuhan yang terjadi  di Makassar polisi menangkap oknum-oknum yang melakukan tindakan perusakan. Sebagaimana di ibu kota, akibat kerusuhan tersebut fasilitas-fasilitas publik pun menjadi rusak. Oleh karena itu, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam kerusuhan selalu terdapat perusakan atau tindakan anarkis oleh para perusuhnya. Suatu generalisasi tidak selamanya benar. Tidak jarang generalisasi menjadi salah karena pengambilan kesimpulan yang tergesa-gesa. Sering kali peneliti langsung menarik kesimpulan hanya dengan melihat satu sebab saja, generalisasi semacam ini disebut hasty generalization.


Baca Juga : Jelaskan Pengertian Perencanaan Sosial

Sumber : Sosiologi: untuk SMA/MA kelas X/ Oleh Vina Dwi Laning; editor Marina Meinaris Wari.
— Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.