Widget HTML Atas

Jelaskan Ciri Ciri Lembaga Sosial !


Jelaskan Ciri Ciri Lembaga Sosial
Jelaskan Ciri Ciri Lembaga Sosial !

Ciri Ciri Lembaga Sosial

Berikut adalah ciri ciri lembaga sosial:
1. Lembaga sosial terdiri atas adat istiadat, tata kelakuan, kebiasaan, serta unsur-unsur kebudayaan lainnya.
2. Lembaga sosial mempunyai alat perlengkapan yang dipakai mencapai tujuan, misalnya pembangunan, mesin-mesin, dan peralatan lain.
3. Lembaga sosial memiliki tradisi, baik bersifat tertulis maupun tidak tertulis. Tradisi ini berguna untuk merumuskan tujuan dan tata tertib lembaga itu sendiri.
4. Lembaga sosial cenderung memiliki usia yang cukup panjang. Sistem kepercayaan dan aneka macam tindakan menjadi bagian institusi setelah melewati waktu cukup lama.
5. Lembaga sosial mempunyai berbagai tujuan tertentu. Dalam beberapa kondisi dan keadaan, tujuan-tujuan dari lembaga tersebut terkadang tidak sejalan dengan fungsi pranata itu sendiri.
6. Mempunyai lambang yang menjadi identitas dari lembaga sosial tersebut.Lambang secara simbolis menggambarkan tujuan dan fungsi pranata sosial.

Ciri Ciri Lembaga Sosial Menurut Gillin

1. Pola pemikiran dan perilaku yang terwujud dalam aktivitas-aktivitas masyarakat beserta hasil-hasilnya.
2. Mempunyai suatu tingkat kekekalan tertentu. Maksudnya, suatu nilai atau norma akan menjadi lembaga setelah mengalami proses-proses percobaan dalam waktu yang relatif lama.
3. Mempunyai satu atau beberapa tujuan tertentu.
4. Mempunyai alat-alat kelengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan lembaga tersebut. Biasanya alat-alat ini antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya berbeda.
5. Memiliki lambang-lambang yang merupakan simbol untuk menggambarkan tujuan dan fungsi lembaga tersebut.


Baca Juga : Jelaskan Jenis-Jenis Lembaga Sosial!

Daftar Pustaka : Sosiologi : untuk SMA / MA Kelas XII Program Studi Ilmu Sosial / penyusun Ruswanto ; editor, Ayang Susatya, Sugeng Raharjo ; illustrator, Nashirudin. — Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.