Widget HTML Atas

Jelaskan 4 Kelas Tumbuhan Paku !

Jelaskan 4 Kelas Tumbuhan Paku
Jelaskan 4 Kelas Tumbuhan Paku !

4 Kelas Tumbuhan Paku

a) Psilophyta
Psilophyta adalah salah satu kelompok tumbuhan paku purba. Kelompok paku ini tidak memiliki daun. Sporangium terbentuk di sepanjang batangnya. Contoh spesies dari Psilophyta adalah Psilotum.
 
b) Lycophyta
Lycophyta adalah tumbuhan paku yang memiliki daun berupa sisik atau rambut. Sporangium tersusun berkumpul di ujung cabang. Contoh Lycophyta adalah Lycopodium dan Selaginella.
 
c) Sphenophyta
Sphenophyta memiliki daun berupa sisik dengan susunan melingkar pada buku batang. Kelompok paku ini memiliki batang berongga dan berbuku-buku. Sporangium berkumpul di ujung batang. Contoh Sphenophyta adalah Equisetum (paku ekor kuda).
 
d) Pterophyta
Pterophyta sering disebut sebagai tumbuhan paku yang sebenarnya. Anggota divisi Pterophyta memiliki daun dengan ukuran yang relatif lebar. Ciri khas dari anggota Pterophyta yakni pada tumbuhan paku muda daunnya selalu menggulung. Contoh Pterophyta antara lain Adiantum trapeziforme (suplir), Marralia, dan Azolla.
Baca Juga : Ciri Khas Tumbuhan Paku

Sumber : Belajar IPA I : Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VII / penulis, Saeful Karim [et al] . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.