Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan Gerak Niktinasti ?



Gerak Niktinasti
Gerak Niktinasti

Apa itu Gerak Niktinasti ?

Gerak Niktinasti adalah gerak menutupnya daun pada banyak spesies Leguminoceae ketika malam hari. Pada sebagian besar peristiwa niktinasti, permukaan daun ada pada posisi horizontal dan menghadap ke matahari sepanjang hari, tetapi melipat dalam posisi vertikal jika matahari terbenam. Jadi, terjadinya periode yang berselang antara terang dan gelap itulah yang mengatur gerakan tersebut.

Gerak niktinasti terjadi karena perubahan turgor suatu jaringan yang memiliki struktur khusus pada persendian tangkai daun (pulvinus). Jaringan tersebut tersusun dari sel-sel khusus (sel motor) yang berfungsi sebagai pemompa ion K+ dari satu bagian ke bagian lainnya. Dengan demikian hal tersebut pun akan mengubah potensial air pada sel-sel tertentu.

Pada pohon ki hujan (Samanea saman) anak-anak daunnya menggantung pada malam hari. Adapun gerakan ke atas anak daun pada pagi hari terjadi disebabkan oleh peningkatan turgor pada sel motor ventral dan penurunan turgor pada sel motor dorsal.

Perubahan yang sebaliknya terjadi ketika anak daun melipat dan menggantung pada waktu matahari terbenam. Jika ion K+ dipompa keluar dari sel-sel pulvinus maka akan diikuti mengalirnya air keluar dari sel-selitu. Hal itu menyebabkan turunnya tekanan turgor pada jaringan pulvinus di jaringan persendian daun sehingga tangkai daun menuju kebawah dan terjadilah gerak tidur.


Baca Juga : Apa itu Gutasi ?

Sumber : Biologi Pertanian Jilid 2 untuk SMK /oleh Amelia Zuliyanti Siregar, Utt Widyastuti Suharsono, Hilda Akmal, Hadisunarso, Sulistijorini, Nampiah Sukarno, Anja Merdiyani, Tri Heru W., Raden Roro Dyah Perwitasari Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.