Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MUDAH MENJAGA KESEHATAN TUBUH TANPA MENGGANGGU AKTIVITAS

Menjaga kesehatan nggak mudah ya? Untuk menjaga kesehatan kita harus melakukan berbagai macam cara yang membutuhkan waktu tersendiri dan mengganggu jadwal aktifitas kita pada hari itu, misalnya harus meluangkan waktu beberapa jam untuk pergi ke gym dan berolahraga. Padahal, belum tentu dalam satu hari kita bisa meluangkan waktu untuk hal-hal tersebut karena jadwal kegiatan yang padat.

Nah, tenyata kita tidak perlu mengubah jadwal untuk menjaga kesehatan, cukup lakukan beberapa hal di bawah dan kamu bisa mengurangi resiko terkena penyakit. Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang mudah dilakukan tanpa harus mengubah jadwal yang sudah kita buat.

1. Sarapan Sehat

Banyak orang melalaikan sarapan, entah karena pekerjaan yang menumpuk, atau karena berpikir lebih baik menggabungkannya dengan makan siang (penyebab munculnya kata Inggris brunch). Padahal pada kenyataannya sarapan adalah Salah satu hal yang terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Menurut penelitan para ahli, waktu sarapan yang paling baik yaitu pukul 7 atau 8 pagi.

Sarapan sangat penting karena pada pagi hari kondisi perut kita kosong karena semua makanan dalam tubuh telah diproses saat kita istirahat di malam hari. Apabila kita tidak sarapan pada waktu yang tepat, energi yang kita hasilkan akan berkurang sehingga pekerjaan tidak maksimal. Selain itu, asam lambung yang diproduksi tidak menemukan target untuk dicerna sehingga terkumpul di lambung dan bisa menyebabkan sakit perut.

Tentu sarapan tepat waktu saja tidak cukup. Sarapan yang kita makan harus mengandung 4 sehat 5 sempurna. Dengan sarapan sehat di waktu yang tepat, tubuh kita bisa bekerja maksimal sehingga kita menjadi bersemangat untuk beraktifitas di pagi hari. Jangan lupa untuk minum air paling sedikit 600mL setelah bangun tidur untuk menjernihkan kinerja otak kita (nggak teler) dan mengganti cairan yang hilang dalam proses pencernaan saat kita tidur.

2. Pola Tidur Sehat

Selain sarapan, hal lain yang sering diabaikan oleh orang adalah pola tidur. Banyak orang yang sering begadang dan bangun siang, atau tidur terlambat dan bangun terlalu cepat. Kedua hal ini berakibat sama, yaitu kurangnya konsentrasi serta mudah jatuh sakit. Karena itu, menjaga pola tidur adalah sebuah keharusan dalam hidup kita.

Waktu tidur yang terbaik adalah 6 jam. Dengan tidur selama 6 jam, kita menjaga keseimbangan antara istirahat cukup dan menghemat waktu (tidur 8 jam bagus, tapi mengurangi waktu beraktifitas). Kemudian untuk waktu tidur, sebaiknya tidur sebelum pukul 12 malam, karena jika lebih dari itu maka sudah termasuk begadang dan efek begadang tidak baik untuk kesehatan, dan di atas jam 9, supaya tidak bangun terlalu awal.

Apabila kita memang terpaksa harus tidur lebih sebentar karena ada tugas penting yang menumpuk, maka kita bisa mengganti 1 atau 2 jam waktu tidur malam dengan tidur siang selama 1 jam. Tidur siang disarankan tidak lebih dari 1 jam dan dilakukan antara pukul 12.00 hingga pukul 13.00 sehingga efeknya maksimal dan tidak mengganggu kondisi tubuh.

3. Gunakan Tangga, Jangan Lift

Menggunakan lift memang lebih mudah dan cepat, tetapi kalau kamu nggak mau meluangkan waktu 1 atau 2 jam untuk olahraga setiap hari, kamu lebih baik pakai tangga. Riset membuktikan bahwa orang yang naik turun tangga sekitar 4 sampai 5 lantai dalam sehari jauh lebih sehat daripada orang yang selalu naik lift.

Ternyata naik-turun tangga dapat dikategorikan sebagai kegiatan fisik yang intens dan apabila dilakukan sesuai dengan jumlah yang disarankan di atas, bahkan membakar kalori lebih banyak daripada jogging. Naik-turun tangga menghabiskan energi sebanyak delapan hingga sembilan kali lebih banyak dibanding duduk dan tujuh kali lebih membakar energi dibanding naik lift, jadi kalau kamu tidak punya waktu untuk jogging, silakan naik tangga saja.

Selain membakar kalori, naik-turun tangga bisa menguatkan otot dan jantung, sehingga kita tidak mudah terkena penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa menjaga berat badan sehingga tidak bertambah.

Selain efek fisik, naik-turun tangga juga melatih mental kita untuk bekerja keras dan tidak bermalas-malasan.

4. Mengistirahatkan Mata

Mata adalah organ tubuh kita yang sangat penting. Lebih dari 80% keadaan di sekitar kita diperoleh dari penglihatan. Di jaman modern ini, salah satu barang yang paling sering digunakan orang adalah Smartphone. Melihat smartphone dalam waktu yang lama bisa membuat mata lelah, dan apabila terus dipaksakan, bisa menyebabkan berbagai macam gangguan, seperti pusing kepala, mata kering, dan rabun mata.

Untuk mencegah hal ini, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengistirahatkan mata setelah melihat layar Smartphone atau Komputer dalam waktu yang lama. Ada beberapa cara untuk menjaga mata supaya tetap sehat. Cara pertama dan termudah, sering-seringlah berkedip. Berkedip menghasilkan air mata, yang merupakan bahan pelembab mata alami dan terbaik. Kedua, tutup mata selama 5 menit dengan handuk yang dibasahi air hangat. Ketiga, gosok kedua telapak tangan hingga panas, kemudian tutupkan ke mata dan pijat perlahan (jangan ditekan).

Untuk anda yang menggunakan Softlens atau Lensa Mata, sebaiknya tidak menggunakan cara ketiga karena bisa menyebabkan iritasi pada mata. Orang yang menggunakan komputer dalam jangka waktu lama disarankan untuk menggunakan kacamata khusus yang bisa mengurangi radiasi yang ditimbulkan oleh layar komputer.

5. Posisi yang Benar

Tulang punggung adalah bagian yang penting dari tubuh kita yang menopang tubuh bagian atas. Untuk menjaga agar tulang punggung kita tidak bermasalah, berikut adalah posisi terbaik untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti duduk, tidur, dan mengangkat barang.

Untuk mencegah sakit pinggang, leher, dan punggung saat bangun tidur, disarankan untuk menggunakan posisi berikut. Perlu diingat bahwa ukuran bantal tidak boleh terlalu tinggi, cukup 5 atau 6 centimeter saja dan diletakkan di bawah kepala dan leher. Bangun pagi dengan badan yang sehat tentunya akan membuat aktifitas pagi terasa lebih menyenangkan dan tidak ada gangguan.

Selain posisi tidur, saat bekerja kita juga harus smemperhatikan posisi duduk, apalagi jika berhadapan dengan barang elektronik seperti handphone, komputer, dan tablet sepanjang hari.

Inti dari poin ini adalah, gunakan posisi dimana tulang punggung dan leher tidak melengkung dan tetap tegak. Dengan mengetahui posisi yang benar untuk melakukan sesuatu, kita akan terhindar dari penyakit yang bisa menimpa kita secara tidak sengaja, seperti sakit pinggang dan nyeri otot, sehingga aktifitas kita tidak terganggu dan pekerjaan lancar.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.