Widget HTML Atas

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / PC

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / PC
Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / PC
WhatsApp Web - Mungkin diantara kita sudah tidak asing dengan aplikasi chating whatsapp. Benar! Aplikasi ini dikenal memiliki desain yang sederhana, namun dilengkapi dengan fitur fitur menarik yang mampu menghubungkan kita dengan orang lain, dengan sangat efektif. Sebut saja, fitur chat atau pesan teks yang mampu mengirim pesan dengan sangat cepat, bahkan disaat jaringan lemah sekalipun. Selain pesan chat atau teks, whatsapp juga mendukung kita untuk melakukan panggilan suara sebagaimana layaknya kita melakukan panggilan telpon dengan menggunakan pulsa regular. Tapi bedanya.. panggilan melalui aplikasi whatsapp ini GRATISS!! Anda tidak akan dikenai biaya pulsa regular setiap kali melakukan panggilan. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan bukan hanya panggilan suara, aplikasi whatsapp juga mendukung kita untuk melakukan panggilan video atau lebih dikenal dengan istilah video call. Panggilan video ini juga tidak berbeda dengan panggilan audio (suara), Anda tidak akan dikenai biaya pulsa regular, melainkan hanya menggunakan paket data yang kita miliki. Memang benar, aplikasi whatsapp sangat membantu kita dalam berkomunikasi dengan kerabat, teman, rekan bisnis, dan lain lain. Namun yang sering jadi kendala adalah tatkala kita sedang sibuk bekerja didepan laptop atau komputer, beralih perangkat untuk berkomunikasi mengetik pesan dengan menggunakan smartphone sepertinya agak ribet dan menyusahkan. Oleh sebab itu munculah pertanyaan, apa bisa menggunakan whatsapp di komputer atau laptop? Jika bisa, tentu mengetik pesan tidak akan menjadi ribet karena harus memegang dua perangkat, yakni smartphone dan komputer/laptop. Berangkat dari hal tersebut, artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda mengenai menggunakan whatsapp di PC, apakah bisa atau tidak? Jawabannya adalah BISA! Anda bisa menggunakan whatsapp di komputer atau laptop Anda dengan mengikuti tutorial kami di bawah ini. Tapi sebelum kita masuk ke dalam inti pembahasan, ada baiknya kita mengenal atau mengetahui apa itu WhatsApp Web? (Baca Juga : Daftar Negara Pengguna WhatsApp Terbanyak di Dunia)  

WhatsApp Web

WhatsApp Web atau yang biasa dikenal dengan sebutan WA Web adalah sebuah tool atau alat online yang berfungsi sebagai media pengganti Aplikasi whatsapp seluler, yang diaktifkan pada browser PC atau desktop. Dengan menggunakan WhatsApp Web, kita dapat berkomunikasi sebagaimana menggunakan aplikasi perpesanan whatsapp selluler, namun dengan beberapa keterbatasan. Sebelum masuk ke tutorial cara menggunakan WhatsApp Web, teman sepertinya juga harus tahu beberapa syarat atau standarisasi agar teman bisa menggunakan fasilitas ini. Berikut di bawah ini beberapa syarat atau apa saja yang kudu kamu miliki agar bisa menggunakan WA Web.  

Apa Saja Yang Kita Perlukan Agar Bisa Menggunakan WhatsApp Web ?

1. Smartphone, Phablet, atau pun tablet yang mengusung OS (operating system) Android, Windows Phone 8.0 maupun versi 8.1, atau Smartphone keluaran Iphone (iOS 8.1+).
2. Perangkat selulermu harus memiliki kamera bagian belakang. Fungsi kamera belakang ini nantinya sebagai pemindai barcode yang muncul pada layar komputer PC atau laptop kita.
3. Pastikan perangkat selulermu (Smartphone/Tablet) telah terinstal aplikasi WhatsApp. Dan telah memiliki nomor yang terdaftar sebagai pengguna aplikasi WhatsApp.
4. Gunakan browser terbaik pada PC mu, seperti : Chrome, Mozila, UC Browser, Opera, dan kawan-kawannya.  
5. Terakhir, pastikan sinyal internetmu berjalan dengan lancar.

Oke, jika semua persyaratan diatas telah kamu penuhi, sekarang langsung saja ikuti langkah di bawah ini yah!  

Tahap 1 Cara Menggunakan Whatsapp Web

1. Buka browser di komputer atau laptop Anda.  
2. Untuk dapat menghubungkan aplikasi whatsapp Smartphone Anda dengan Whatsapp Web Anda perlu membuka link WhatsApp Web DI SINI.  
3. Setelah membuka link tersebut, Anda akan di bawa ke dalam halaman whatsapp web. Lihat gambar di bawah ini.


WhatsApp Web
Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / PC
 4. Setelah itu, langkah berikutnya adalah melakukan scan barcode yang terdapat pada layar whatsapp web dengan menggunakan smartphone atau tablet yang kita miliki.  

Tahap 2 Cara Menggunakan Whatsapp Web

1. Setelah kita berhasil membuka halaman whatsapp_web dan melihat barcode pada layar. Bukalah aplikasi whatsapp pada perangkat selluler Anda.  
2. Pilih atau sentuh tanda titik 3 pada layar aplikasi whatsapp seluler Anda, (Terletak di sebelah kanan atas).
WhatsApp Web
Cara Menggunakan WhatsApp Web di Komputer / PC
3. Pilih menu whatsapp web, lalu scan barcode pada halaman whatsapp web di layar komputer Anda.  4. Secara otomatis, Aplikasi whatsapp pada perangkat seluler Anda akan terhubung dengan halaman whatsapp_web di komputer atau laptop Anda.  

Fitur Apa Saja Sih yang Bisa Kita Gunakan Pada WhatsApp Web ?

1. Yang pertama tentunya, dengan menggunakan WhatsApp Web Anda akan lebih mudah beralih dari halaman kerja komputer atau laptop, ke aplikasi perpesanan Whatsapp yang selalu ramai dengan notif.
2. Anda dapat melakukan chating sebagaimana kita menggunakan aplikasi whatsapp pada perangkat seluler kita. Baik itu sticker, maupun emoji.
3. Dengan menggunakan WhatsApp Web Anda juga bisa mengirim pesan suara atau audio sebagaimana kita mengirim pesan suara menggunakan WhatsApp pada aplikasi seluler.
4. Dengan menggunakan WhatsApp Web anda tetap bisa mengirimkan atau mendownload file, gambar, video, dan audio. Bahkan bukan hanya itu, di WhatsApp Web kita juga bisa mengirimkan kontak yang telah terdaftar / tersimpan di dalam akun WhatsApp kita persis sebagaimana kita menggunakan aplikasi seluler kita. 
5. Dengan WhatsApp Web Anda juga memiliki akses fitur persis sebagaimana aplikasi versi seluler, dimana Anda bisa membuat grup whatsapp baru.
6. Dengan menggunakan WhatsApp Web Anda pun juga masih bisa mengganti foto profil, mengganti status kontak, melihat update status teman, mengarsipkan chat, menghapus chat, membuat pin pada chat, menandai sebagai pesan yang belum dibaca, serta mengedit label chat.  
7. Dengan menggunakan WhatsApp Web kita juga bisa memanfaatkan fitur search untuk mencari isi pesan yang telah tenggelam jauh saat dibutuhkan. Namun perlu diingat, pencarian isi pesan ini hanya bisa dilakukan apabila pesan yang akan kita cari belum dihapus dari daftar pesan kita.
8. WhatsApp Web juga menyediakan fitur "pilih pesan" sebagaimana fitur yang terdapat pada aplikasi selulernya. Dengan fitur ini kita dapat memilih beberapa pesan untuk dihapus, diberi bintang, di beri label, atau pun di forward.
9. Kita juga bisa melakukan "mute" pada pesan atau bahkan memblokir kontak yang mungkin kita anggap mengganggu.  
10. Kita juga bisa melakukan setting atau pengaturan notifikasi sounds, desktop alerts, dan show previews.
11. Melihat daftar nomor yang telah kita blokir.
12. Mengganti background Chat.  

Kekurangan Menggunakan WhatsApp Web

1. Dengan menggunakan whatsapp web kita tidak dapat melakukan panggilan suara seperti kita melakukan panggilan suara pada aplikasi whatsapp seluler (setidaknya sampai hari artikel ini terbit). 2. Menggunakan whatsapp_web juga membuat kita tidak bisa melakukan video call atau panggilan video.
3. Karena aplikasi terus terhubung dengan perangkat komputer Anda, hal ini membuat baterai pada perangkat seluler Anda akan lebih cepat habis.
4. Dengan menggunakan whatsapp web Anda tidak akan bisa mengupdate status. Namun Anda masih bisa melihat status teman teman Anda.  
5. Menggunakan Whatsapp web membuat Anda tidak bisa melakukan pengiriman pesan siaran broadcast.  

Cara Log-Out Dari WhatsApp Web

Sebenarnya hal ini tidak terlalu urgen untuk diterapkan, karena biasanya kita menggunakan WhatsApp Web pasti hanya di komputer pribadi / PC kita. Namun jika kita kebetulan menggunakan WhatsApp Web di komputer yang bukan milik kita, hal ini sepertinya perlu kamu lakukan. Tujuannya yah satu, agar halaman percakapan WhatsApp kita tidak tertinggal di komputer milik orang lain. Berikut cara log-out dari WA Web. 1. Silahkan masuk ke dalam aplikasi WhatsApp selulermu. 2. Tap/Ketuk bagian berupa titik tiga di sebelah kanan atas layar aplikasi WhatsApp kita. 3. Pilih WhatsApp Web 4. Dan terakhir ketuk atau pilih keluar dari semua komputer atau log out from all devices. 5. Saat muncul pop up - pilih log - out.  

Download Aplikasi WhatsApp

Seperti yang telah kita sampaikan di muka, bahwa salah satu syarat agar dapat memanfaat atau menggunakan layanan WhatsApp Web, kita wajib mempunyai aplikasi WhatsApp yang terinstal pada perangkat seluler kita. Dan menggunakan Aplikasi terbaru adalah salah satu cara terbaik agar dapat menjalankan layanan WhatsApp Web dengan optimal. Kamu bisa mendownload aplikasi WhatsApp di bawah ini  
a. Android https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp
b. iPhone http://itunes.apple.com/us/app/whatsapp-messenger/id310633997?mt=8
c. Windows Phone https://www.microsoft.com/store/apps/9wzdncrdfwbs
  

Ulasan dan Opini Penulis Tentang WhatsApp Web

Berbicara mengenai WhatsApp Web, penulis sendiri sebenarnya pertama kali memakai fitur ini sekitar 5 tahun yang lalu. Ketika itu penulis sering memanfaatkan layanan ini karena saya anggap menggunakan WhatsApp Web lebih efisien bagi saya yang sehari-hari berurusan dengan laptop. Sehingga saya tidak terlalu direpotkan untuk membuka aplikasi WhatsApp seluler bila ada pesan yang masuk. Seingat saya, 5 tahun yang lalu layanan WhatsApp Web tidak seperti kondisi yang kita lihat saat ini. Yang paling ketara adalah saat ini kita telah mendapatkan fitur dimana kita bisa melihat update histori status teman chat kita. Meski tidak terlalu penting bagi beberapa orang, namun fitur ini setidaknya cukup menghibur kebosanan kita saat tidak ada pesan yang masuk kali yah. Sejauh ini, tidak ada masalah yang serius menurut saya dalam penggunaan layanan WhatsApp Web, hanya saja ada satu hal yang mungkin perlu diperhatikan oleh pihak developernya, yaitu : untuk meningkatkan efisiensi penggunaan layanan ini, alangkah baiknya jika kita cukup melakukan sekali scan barcode saat login, tanpa mengharuskan aplikasi WhatsApp Seluler kita selalu dalam keadaan On. Pengharusan aplikasi seluler wajib dalam keadaan on (saat menggunakan WhatsApp Web) akan menguras baterai perangkat seluler yang kita gunakan. Tentunya hal ini sangat tidak kita inginkan bukan?  

Apa Itu WhatsApp ?

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang dirancang untuk perangkat seluler (smartphone/tablet). Dengan aplikasi ini, Anda dapat berkomunikasi secara gratis, plus tanpa iklan. Baik itu komunikasi melalui pesan teks, audio call, video call, mengirim dan menerima file dokumen, dan masih banyak lagi. Aplikasi whatsapp secara otomatis akan melakukan sinkronisasi dengan daftar kontak yang Anda miliki pada smartphone/tablet Anda. Apabila nomor kontak terdaftar sebagai pengguna whatsapp, maka otomatis kontak tersebut akan masuk kedalam daftar kontak whatsapp Anda.  

Perjalanan Singkat WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang dikembangkan oleh mantan karyawan Yahoo, Brian Acton dan Jan Koum. WhatsApp pertama kali dirilis pada tahun 2009, dan dapat berjalan pada banyak platform seperti iOS, Android, Windows Phone 8, Windows Mobile, Symbian, dan BlackBerry. Sekitar tahun 2013, WhatsApp mengclaim telah memiliki sekitar 400 juta pengguna aktif, hingga akhirnya pada tahun 2014 Facebook pun mengakuisisi Whatsapp dengan merogoh kocek 19 Milyar Dolar Amerika. Sampai saat ini, whatsapp telah memiliki lebih dari 1 milyar pengguna aktif.  

Menginstall WhatsApp di PC

Disamping menyediakan tool online berupa web, Aplikasi whatsapp ini juga bisa kita install pada perangkat PC yang kita miliki. Sehingga, kita tidak perlu lagi repot-repot melakukan scan barcode hanya untuk menggunakan aplikasi perpesanan whatsapp di PC. WhatsApp versi dekstop ini dapat bekerja pada OS Windows 32 bit dan 64 bit dan Mac OS. Bila diantara Anda ada yang tertarik menginstall WhatsApp di PC, Anda bisa download filenya disini https://www.whatsapp.com/download/  

Daftar Negara Pengguna WhatsApp Terbanyak

  • India
  • Brazil
  • Jerman
  • Indonesia
  • Rusia
  • Turki
  • Spanyol
  • Italia
  • Belanda
  • Inggris
 

(Penutup) Artikel Seputar Penggunaan WhatsApp Web

Bagi Anda yang memiliki interaksi tinggi dengan perangkat PC, menggunakan WhatsApp Web adalah pilihan yang cukup tepat. Sebab Anda tidak perlu disibukan dengan membuka perangkat seluler hanya untuk membaca atau menerima pesan masuk ke aplikasi whatsapp seluler. Terlebih lagi, saat Anda menggunakan whatsapp_web dan mendapatkan kiriman file, Anda akan lebih mudah membukanya karena secara umum software pada PC jauh lebih mumpuni untuk membuka beragam bentuk file dibandingkan dengan menggunakan smartphone. Namun semua kembali lagi pada diri Anda pribadi. Tentunya beberapa kekurangan dalam menggunakan WhatsApp Web diatas juga patut untuk kita perhitungkan. Akhir kalam. saya sudahi assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh.   Judul Artikel : WhatsApp Web : Cara Menggunakan WhatsApp di PC Pertama kali terbit di : Ilmu Pengetahuan ID Penulis : Babang Tamvan Notice : Anda yang ingin mengcopy artikel WhatsApp Web : Cara Menggunakan WhatsApp di PC dan menerbitkan kembali di blog atau website Anda, mohon dengan kesadarannya untuk memberikan backlink active menuju artikel ini. Terima kasih.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.