Widget HTML Atas

Cara Menggunakan Mikroskop Yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Mikroskop Yang Baik dan Benar
Cara Menggunakan Mikroskop Yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Mikroskop Yang Baik dan Benar

a. Pada saat mengeluarkan dan membawa mikroskop, gunakanlah kedua tangan. Salah satu tangan memegang lengan mikroskop dan tangan yang lain menyangga dasar mikroskop. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar mikroskop tidak jatuh pada saat dibawa. Jangan sekali- kali membawa atau mengangkat mikroskop hanya menggunakan satu tangan.

b. Letakkan mikroskop di atas meja di laboratorium dengan posisi berdiri yang kokoh. Pastikan tidak ada benda- benda yang dapat menganggu posisi berdiri mikroskop.

c. Putar revolver, pilih lensa objektif dengan pembesaran yang lemah.

d. Lihatlah melalui lensa okuler dan carilah cahaya yang paling terang dengan cara menggerak-gerakkan cermin.

e. Siapkan objek yang akan diamati. Jika kamu akan mengamati objek yang segar, lakukanlah langkah- langkah berikut.
  • Objek yang akan diamati menggunakan mikroskop harus tipis dan kecil. Objek yang akan diamati harus diiris atau disayat setipis mungkin. Oleh karena itu, gunakanlah pengiris yang tajam, misalnya silet tajam.
  • Setelah mendapatkan objek yang tipis, letakanlah objek tersebut di atas gelas objek yang sebelumnya telah ditetesi air secukupnya.
  • Kemudian, tutuplah objek tersebut menggunakan gelas penutup (cover glass). Agar tidak terdapat gelembung udara, letakkanlah cover glass perlahan- lahan mulai dari sudut 45°.
  • Setelah objek tertutup dengan baik, isaplah air yang meluap dengan menggunakan kertas isap atau tisu.

f. Letakkan gelas objek yang telah diberi bahan atau objek yang akan kamu amati di atas meja objek. Aturlah agar objek yang akan diamati tepat berada di atas lubang meja objek, kemudian jepit dengan penjepit objeknya.

g. Dengan memutar revolver, pilihlah lensa objektif yang memiliki pembesaran lemah (misalnya 10×). 
h. Putar makrometer secara perlahan untuk mengatur jarak lensa objektif dengan objek yang akan diamati. Lakukan hingga kamu menemukan gambar objek yang diamati.
i. Putarlah mikrometer untuk mendapatkan fokus bayangan objek yang paling jelas.

j. Jika ingin melakukan pengamatan dengan pembesaran yang lebih kuat, putarlah revolver dan pilih lensa objektif yang lebih besar. Ingat, jika kamu menggunakan lensa objektif dengan pembesaran kuat, janganlah lagi meng- gunakan makrometer. Gunakan selalu mikrometer. Hati- hati jangan memecahkan gelas objek.

k. Setelah selesai melakukan pengamatan, putarlah kembali revolver pada posisi lensa objektif yang paling lemah. Naikkan kembali tubus dan ambil objek dari meja objek. 
l. Pastikan bahwa mikroskop dalam keadaan bersih sebelum disimpan kembali.
Baca Juga : Apa yang dimaksud dengan Kristalisasi?
Sumber : Belajar IPA I : Membuka Cakrawala Alam Sekitar untuk Kelas VII / penulis, Saeful Karim [et al] . -- Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.