Widget HTML Atas

Apa itu Tumbuhan Paku-Pakuan ?


Apa itu Tumbuhan Paku-Pakuan ?


Tumbuhan paku-pakuan adalah tumbuhan berpembuluh yang berkembangbiak dengan spora. Tubuh tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi akar, batang, dan daun. Tumbuhan ini tidak memiliki bunga maupun biji.

Paku-pakuan dapat hidup di tanah, air, pada cabang pohon (epifit), bahkan dapat menempel di bebatuan. Paku yang hidup di tanah ada yang menyukai tempat yang lembab dan terlindung ada juga yang hidup di daerah terbuka dan panas. Paku epifit banyak dijumpai di hutan-hutan dengan penyinaran matahari yang tak terlalu

panas. Anggota paku air tidak sebanyak paku tanah dan epifit, hidup mengapung bebas di air atau berakar dalam tanah tapi sebagian tubuhnya terdapat di air. Tumbuhan paku mempunyai daerah penyebaran yang luas, dari tepi pantai sampai pegunungan, bahkan di daerah dingin atau dekat kawah. Di daerah pegunungan keragamannya jauh lebih banyak dibandingkan di dataran rendah. Bila kalian jalan-jalan ke hutan kalian dapat menjumpai berbagai tumbuhan paku misalnya paku kawat (Lycopodium), paku gajah (Angiopteris), paku pohon (Dicksonia dan Cyathea), paku rane (Selaginella) dan berbagai suplir (Adiantum).

Tumbuhan Paku-Pakuan
Apa itu Tumbuhan Paku-Pakuan


Tumbuhan paku telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain sebagai tanaman hias, obat-obatan, media tumbuh anggrek, sebagai sayuran, bahkan batangnya dapat digunakan sebagai penyangga rumah (jenis paku pohon).



Baca Juga : Apa itu Pertanian Organik ?


Daftar Pustaka
Biologi Pertanian Jilid 2 untuk SMK /oleh Amelia Zuliyanti Siregar, Utt Widyastuti Suharsono, Hilda Akmal, Hadisunarso, Sulistijorini, Nampiah Sukarno, Anja Merdiyani, Tri Heru W., Raden Roro Dyah Perwitasari Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. 
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah mengajar di SDIT Al-hanif Cilegon - Madrasah Jamilurrahman Jogjakarta - Ma'had Anni'mah Medan.