Widget HTML Atas

Apa itu Hanko ?

Apa itu Hanko
Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International

Hanko

Tahukah kamu? di Negeri Sakura Jepang yang namanya tanda tangan hampir tidak berlaku loh! Pasalnya, tanda tangan yang biasanya dipakai di negara pada umumnya untuk menyetujui/pengesahan berkas digantikan dengan stempel khusus yang disebut dengan hanko. Bagi kamu yang sering melihat film-film kolosal mungkin sudah tidak asing melihat scene dimana Raja membubuhi dokumen atau surat dengan stempel kan? Nah, stempel itulah yang disebut dengan hanko.

Nama yang tertulis pada stempel hanko ini biasanya hanya nama keluarganya saja. Oleh sebab itu, jangan heran bila hanko ini banyak diperjual belikan di toko-toko. Biasanya sih hanko model begini dipergunakan untuk keperluan harian. Harganya juga tidak terlalu mahal, dengan harga 100 Yen sudah tersedia banyak pilihan.

Baca Juga : 9 Hewan Paling Aneh di Dunia

Untuk jenisnya, ada beberapa jenis hanko stamp di Jepang, seperti berikut:

1. Jitsuin

Hanko jenis ini sifatnya sangat sangat resmi.Oleh sebab itu hanko ini harus di didaftarkan di lembaga / kantor pemerintahan, seperti: kantor walikota. Hanko jenis jitsuin biasanya digunakan untuk berkas yang di dalamnya melibatkan aturan hukum, seperti berkas jual beli rumah, kendaraan, dan sejenisnya.

2. Ginkoin

Hanko jenis ginkoin biasanya digunakan untuk membubuhi dokumen perbankan (bank). Oleh sebab itu, hanko ini harus didaftarkan di lembaga keuangan, dalam hal ini bank.

3. Mitomein

Nah, ini nih jenis hanko yang diatas kita sampaikan. Hanko ini tidak perlu didaftarkan secara resmi, dan bisa didapatkan di toko-toko serba ada. Hanko jenis mitomein biasanya dipakai untuk keperluan sehari hari yang sifatnya tidak melibatkan aturan hukum negara.
Hanko atau hanko stamp biasanya sih terbuat dari material kayu ataupun plastik. Tentu saja, untuk beberapa versi yang sedikit unik biasanya terbuat dari material khusus seperti gading, giok, tulang, dan material lainnya. Sedangkan untuk bentuk, hanko yang paling umum biasanya berbentuk bundar, dengan spesifikasi diameter 8 hingga 18 milimeter, dengan panjang 6 centimeter.

Selain bentuk bulat, terdapat juga hanko berbentuk oval dan kotak. Tentunya dengan variasi font yang berbeda beda. Mulai dari jenis font standar, font klasik, hingga jenis font yang susah dibaca karena terlalu banyak seninya.

Baca Juga : Cara Menggunakan WhatsApp Web
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.