Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Gymnospermae ?

Gymnospermae
Apa itu Gymnospermae ?

Apa itu Gymnospermae ?
Gymnospermae atau kelompok Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka yang menghasilkan kerucut (konifer), contohnya pohon pinus. Pohon pinus berdaun seperti jarum tahan terhadap kekeringan karena mempunyai sedikit area permukaan untuk transpirasi. Kutikula yang tebal yang menutupi permukaan daun juga membantu menahan air. Pohon pinus termasuk generasi sporofit, generasi gametofitnya tumbuh di dalam kerucutnya. Terdapat dua macam kerucut, kerucut betina berukuran lebih besar daripada kerucut jantan, mempunyai sisik yang keras, masing-masing sisik membawa sepasang bakal biji (ovul). Kerucut jantan umumnya kecil, lebih lunak dibanding kerucut betina dan masa hidupnya pendek. Gametofit jantan (butir pollen) berkembang dari spora. Bila kerucut jantan matang, sisiknya terbuka dan melepaskan jutaan pollen. Pada butir pollen, terdapat sel yang akan berkembang menjadi sperma. Sperma memerlukan waktu berbulan-bulan untuk berkembang di dalam butir pollen. Pembuahan baru akan terjadi lebih dari setahun sejak terjadinya penyerbukan. Setelah pembuahan, keseluruhan ovul berkembang menjadi biji.

Biji mengandung cadangan makanan untuk perkembangan embrio, mempunyai kulit biji yang kuat. Pada pinus, biji dilepaskan dari kerucut betina sekitar dua tahun setelah penyerbukan.

Baca Juga : Jelaskan Pembuahan Ganda yang Terjadi Pada Angiospermae

Klasifikasi Gymnospermae

Gymnospermae dibedakan ke dalam empat divisi, yakni Coniferophyta, Cycadophyta, Ginkgophyta, dan Gnetophyta. Dari keempat divisi ini yang terbesar adalah Coniferophyta, yaitu konifer. Konifer mendominasi hutan di belahan bumi utara. Hampir semua konifer adalah evergreen (selalu hijau, tidak gugur). Divisi Cycadophyta menyerupai palem, memiliki biji terbuka yang terdapat dalam sporofil, yaitu daun yang terspesialisasi untuk reproduksi. Ginkgo adalah satu-satunya spesies yang masih hidup dari divisi Ginkgophyta. Tumbuhan ini memiliki daun seperti kipas yang warnanya berubah keemasan dan rontok pada musim gugur, suatu sifat yang tidak umum pada Gymnospermae. Divisi Gnetophyta terdiri atas tiga genus, yang kemungkinan tidak berkerabat dekat satu sama lain, contohnya Gnetum gnemon (melinjo), tumbuh di daerah tropis.

Manfaat Tumbuhan Jenis Gymnospermae

Berbagai manfaat diperoleh dari Gymnospermae antara lain penggunaan batang pohon sebagai bahan bangunan, sebagai bubur kertas, penghasil resin, bahan makanan, obat-obatan, dan lain-lain.

Baca Juga : Jelaskan Pembuahan Tunggal Pada Gymnospermae


Daftar Pustaka : Biologi Pertanian Jilid 2 untuk SMK /oleh Amelia Zuliyanti Siregar, Utt Widyastuti Suharsono, Hilda Akmal, Hadisunarso, Sulistijorini, Nampiah Sukarno, Anja Merdiyani, Tri Heru W., Raden Roro Dyah Perwitasari Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.