Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUNGA VIOLA DENGAN BERBAGAI KEUNIKANNYA

Bunga viola, kira-kira kalian sudah pernah melihat atau mendengar tentang bunga ini? apa yang pertama kali terpikir dibenak kalian tetnag bunga ini? saya yakin kalau pikiran kalian  kalau bunga viola asti warna bunganya ungu? saya pun waktu pertama kali berpikir seperti itu tetapi tenyata bunga viola sudah sangat banyak sekali ragam dan bentuknya dengan metode -- metode dalam pertanian seperti semai, stek dan penyilangan yang membuat berbagai macam warna dan bentuk dari bunga viola selain itu memang warna-warna ini terbentuk dari keinginan konsumen kepada petani. 

Karena memang manusia memiliki banyak keinginan yaitu keinginan melihat sesuatu yang berbeda yang belum pernah ada itulah yang membuat bunga menjadi sangat menarik. Benih bunga viola sudah banyak dipasarkan dan kita temukan dengan mudah, benih ini pun banyak sekali yang memperjual belikannya secara langsung maupun online. Kita bisa mendapatkan dari beberapa situs belanja online yang menjualkan berbagai benih bibit bunga viola dengan warna dan bentuk yang kita ingin kan.

Fakta Menarik Bunga Viola:

Dari bentuk viola dapat tumbuh dalam bentuk tanaman herba dan semak-semak, berukuran 20 inci sampai satu kaki tingginya, tidak memiliki batang, tetapi beberapa spesies memiliki batang pendek dengan daun diatur secara bergantian, daun berwarna dan berbentuk hati, Permukaan mereka halus atau ditutupi dengan bulu-bulu halus, tergantung pada spesies. Bunga terdiri dari 5 kelopak dan 5 sepal 5. Benang sari dan Putik organ reproduksi. 
Beberapa spesies mampu untuk penyerbukan sendiri, sebagian besar spesies diserbuki oleh serangga. 
Buah viola disebut kapsul yang berisi benih tetapi selain melalui biji, viola dapat diperbanyak melalui stek akar.
Daun muda dan bunga yang dapat dimakan mentah sebagai bagian dari salad, dimasak (dalam saus dan jeli) dan untuk dekorasi kue dan makanan penutup.
Antioksidan untuk mengusir serangga.
Batang, daun dan bunga dapat digunakan dalam pengobatan tenggorokan, kecemasan, untuk meringankan kram perut, asma, flu, pilek, batuk, mengencerkan dahak, demam, perut kembung, korengan, kudis, susah tidur, sakit kepala, kerusakan organ paru -- paru, jantung, peradangan pada ginjal dan lambung.
Viola sangat populer dan sering digunakan dalam industri termasuk industri parfum karena bunga viola memiliki wangi yang harum
Roma Lama dan Yunani, viola digunakan untuk ramuan cinta.
Viola dapat berupa tanaman tahunan (hidup satu tahun) atau abadi (hidup lebih dari dua tahun). Umur viola tergantung pada spesies dan iklim.

Cara Menanam Bunga Viola :

Semai benih pada permukaan kompos yang halus dan baik. Tutupi tipis tipis saja kira-kira 6 mm.
Tutup pot semai dengan plastic hitam, letakkan di tempat yang teduh pada temperature 15 - 20 C (temperatur ruangan)
Tanaman biasanya semai setelah 7 -- 21 hari.
Pindahkan ke tempat yang lebih besar setelah tanaman cukup kuat untuk dipindahkan. (daun 4 helai).

Cara Merawat Bunga Viola :

syarat viola dapat tumbuh dengan baik yaitu memiliki tingkat pH sekita 6 hingga 7,5 Karena dapat menyebabkan perubahan warna
Viola juga harus cukup terkena cahaya matahari. Cahaya matahari yang diperlukan adalah cahaya matahari yang tidak langsung karena viola sangat tidak tahan terhadap panas dari terik matahari.
Jika menanam viola dengan menggunakan bijinya sebagai benih, maka butuh penyemaian terlebih dahulu sebelum bibit tersebut ditanam pada media tanam.
Berikan pupuk agar tanaman viola dapat tumbuh subur
Jaga selalu kelembapan tanah
Sirami dengan air lebih sering saat musim kemarau
Pangkas beberapa bunga dan sisakan beberapa helai agar bunga yang tersisa tumbuh lebih maksimal
Bersihkan gulma agar tidak mengganggu pertumbuhan

Cara menggunakan bunga violet di bidang kesehatan

Bisa dibuat sayuran lalapan
Bisa direbus jadi minuman atau jamu
Bisa direbus dan air rebusannya untuk dibasuh dan direndam
Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.