Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Anggur Hitam Untuk Kesehatan


Description

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria.[ Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Manfaat Kesehatan Dari Anggur Hitam
Karena kadar air yang tinggi, kalori hadir dalam anggur hitam rendah. Sebagian besar kalori dalam anggur hitam berasal dari karbohidrat dan gula buah. 80 gram anggur hitam mengandung hanya 60 kalori saja. Berikut ini adalah manfaatnya :

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Anggur hitam adalah salah satu sumber terkaya dari resveratrol, yaitu antioksidan kuat. Berdasarkan penelitian laboratorium dan hewan, diamati bahwa resveratrol bertindak sebagai agen pelindung kardiovaskular, yang dapat berkontribusi untuk mencegah serangan jantung. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa reservatrol dapat melindungi arteri dari kerusakan dengan mengurangi kadar kolesterol LDL. Jadi, menyertakan anggur hitam dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa resveratrol mungkin efektif dalam melebarkan pembuluh darah, dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Hal ini dapat bekerja untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur tekanan darah tinggi.

Baik untuk Mata
Anggur hitam merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang melindungi sel-sel mata dari kerusakan radikal bebas. Karotenoid ini memainkan peran penting dalam menunda dan bahkan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia (degenerasi makula). Jadi, menambahkan anggur hitam untuk diet bisa menjaga kesehatan mata.

Memerangi Kanker
Warna gelap anggur hitam adalah karena adanya antosianin, yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Selain itu, mereka juga mengandung resveratrol dalam jumlah tinggi. Kehadiran antosianin dan resveratrol dapat memberikan perlindungan terhadap kanker.

Promosikan Kulit Sehat
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah anggur hitam dapat membantu melindungi kulit dari penuaan. Rutin mengkonsumsi anggur yang kaya antioksidan pasti bisa membantu untuk mencegah kerutan dini pada kulit. Antioksidan membantu meningkatkan produksi kolagen, protein struktural yang memberikan kekencangan dan elastisitas pada kulit. Jadi makan anggur hitam dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan dan menjaga elastisitas kulit.

Meningkatkan Fungsi Otak
Makan anggur hitam secara teratur dapat memiliki efek positif pada fungsi otak, seperti yang ditemukan melalui penelitian pada hewan. Potensi antioksidan tinggi anggur hitam membantu meniadakan kerusakan oksidatif yang menyebabkan radang otak serta menghambat aktivitas gen tertentu yang telah dikaitkan dengan Alzheimer dan penyakit Parkinson. Dari penelitian itu, Anda pasti dapat menyimpulkan bahwa konsumsi secara teratur anggur hitam dapat mencegah masalah kognitif dan penurunan daya ingat yang terjadi seiring dengan usia.

Mengurangi Tingkat Asam Urat
Anggur hitam, karena kandungan air yang tinggi dapat membantu menghilangkan asam urat berlebih melalui urin. Tidak normalnya kadar asam urat yang tinggi telah dikaitkan dengan encok dan arthritis. Jadi, makan anggur hitam menyediakan cara alami untuk meringankan dan bahkan mencegah masalah kesehatan terkait dengan sendi.

Meningkatkan Imunitas
Makan anggur hitam pasti bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung banyak vitamin C. Hanya 80 g dari anggur hitam sudah memberikan 15% dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan.

Makanan Rendah Indeks Glikemik
Anggur hitam sangat baik untuk penderita diabetes karena mereka memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti gula dari anggur diserap pada tingkat yang lambat, sehingga mencegah kenaikan tiba-tiba kadar gula darah. Rendahnya Efek indeks glikemik dari anggur hitam juga telah dikaitkan dengan sensitivitas insulin meningkat dan mencapai kontrol gula darah yang lebih baik. Jadi, mengkonsumsi anggur hitam secara teratur dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Juga, penderita diabetes dapat memiliki kontrol yang lebih baik atas kesehatan mereka, karena anggur hitam dapat membantu mengurangi resistensi insulin.

Meringankan Sembelit
Mencari cara mudah untuk mengatasi sembelit? Yah, ada cara yang sederhana seperti menyertakan anggur dalam diet Anda. Anggur hitam memiliki sifat pencahar karena mereka tinggi polyose, asam organik, dan gula. Orang, terutama yang menderita sembelit kronis bisa mendapatkan keuntungan dengan mengonsumsi anggur hitam secara teratur.

Baik Selama Kehamilan
Makan anggur hitam dalam jumlah sedang selama kehamilan juga dapat memiliki dampak positif pada perkembangan bayi. Bahkan, dikatakan karena anggur hitam tinggi nutrisi yang bagus untuk mata, wanita hamil yang mengkonsumsi selama kehamilan dapat melahirkan bayi dengan visi yang tajam