Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Tanaman Mentimun Dalam Ilmu Taksonomi

Hello Nice! Setiap dari kita tentu pernah dong makan yang namanya mentimun. Selain rasanya yang segar, mentimun juga cukup asyik dimakan sebagai lalapan. Tapi teman-teman sudah tahu belum klasifikasi tanaman mentimun dalam ilmu biologi? Kalau belum tahu, simak aja langsung tulisan singkat di bawah ini yah. 

Mentimun

Mentimun atau ketimun atau timun merupakan salah satu jenis sayuran dari keluarga labu-labuan yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Asal tanaman mentimun dari benua Asia utara, Asia Selatan, India, dan Afrika Selatan. Columbus merupakan salah seorang yang menyebarluaskan tanaman mentimun ke seluruh dunia.

Klasifikasi Tanaman Mentimun
Klasifikasi Tanaman Mentimun

Klasifikasi Tanaman Mentimun

Mentimun Adalah Tanaman semusim yang berumur pendek. secara lengkap klasifikasi tanaman ini adalah sebagi berikut.
  • Kingdom : Plantae
  • Devisi : Spermatophyta
  • Subdevisi : Angiospermae
  • Class : Dicotyledoneae
  • Ordo : Cucurbitaceae
  • Genus : Cucumis
  • Spesies : Cucumis salivus

Morfologi dan Anatomi Mentimun

Tanaman mentimun merupakan tanaman semusim yang bersipat menjalar atau memanjat dengan perantaraan pemegang yang berbentuk spiral. Btang basah, berbulu, serta berbuku buku,. Tinggi tanaman bisa mencapai 50-250 cm, bercabang dan berbuah di sisi tangkai daun. 

Daunnya berbentuk bulat lebar, bersegi mirip jantung, pada ujungnya meruncing yang tumbuhnya selang seling keluar dari ruasnya. mentimun mempunyai perakaran tunggang dan bulu bulu akar yang relatif dangkal.

Bunga mentimun kurang begitu baik karena sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Bentuk bunga mentimun mirip terompet yang mahkota bunganya berwarna putih atau kuning cerah.
Buah mentimun letaknya menggantung dari ketiak daun dan batang yang umumnya bulat panjang dan bulat pendek. Kulit buah mentimun ada yang berbintil bintil , ada juga yang halus. Warna kulit buah antara hijau keputih putihan , hijau muda, dan hijau gelap, 

Biji mentimun bentuknya pipih, kulitnya berwarna putih atau kekuningan sampai coklat yang digunakan sebagi perbanyakan tanaman.

Penutup

Itu dia tulisan singkat kali ini mengenai klasifikasi tanaman mentimun. Semoga bermanfaat dan informatif yah. Ohiya, kamu bisa memanfaatkan fitur search blog ini untuk mencari informasi seputar tanaman lainnya. Atau kamu juga bisa mengakses menu apotik hidup pada bar sebelah kiri halaman ini. Terima kasih.