19 Desember Memperingati Hari Apa?

19 Desember adalah tanggal yang cukup istimewa bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sebab, pada tanggal ini, kita memperingati sebuah peristiwa penting yang terjadi di Indonesia. Namun, tahukah kamu apa yang sebenarnya diperingati pada 19 Desember? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Peristiwa Penting yang Diperingati pada 19 Desember

Pada tanggal 19 Desember, Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden RI Nomor 316 Tahun 2002. Hari Kesaktian Pancasila sendiri dipilih sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada tahun 1965.

Peristiwa ini merupakan sebuah kudeta yang dilakukan oleh anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) terhadap pemerintahan Indonesia yang saat itu dipimpin oleh Presiden Soekarno. Pada saat itu, Soeharto yang merupakan Panglima TNI saat itu, berhasil menggagalkan kudeta tersebut dan menyelamatkan Indonesia dari ancaman komunis.

Makna Hari Kesaktian Pancasila

Dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila, masyarakat Indonesia diingatkan akan pentingnya menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, memiliki makna yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila sendiri terdiri dari lima sila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Melalui Pancasila, Indonesia diharapkan dapat membangun sebuah negara yang berdaulat, adil, dan makmur. Oleh karena itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen yang sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memperkuat rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Cara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mengibarkan Bendera Merah Putih

Mengibarkan bendera merah putih merupakan salah satu cara yang sering dilakukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

2. Upacara Bendera

Upacara bendera juga sering dilakukan pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara ini biasanya diikuti oleh siswa-siswa sekolah dan masyarakat umum sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan.

3. Membaca Pidato Bung Karno

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, masyarakat Indonesia juga diingatkan akan pesan-pesan dari para pendiri bangsa. Salah satunya adalah melalui pidato Bung Karno yang berjudul “Pancasila sebagai Dasar Negara”. Pidato ini dianggap sebagai salah satu pidato terbaik Bung Karno yang menyampaikan makna dan pentingnya Pancasila bagi Indonesia.

4. Mengikuti Kegiatan Seminar dan Diskusi

Banyak kegiatan seminar dan diskusi yang diadakan pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk memperdalam pemahaman tentang Pancasila dan pentingnya menjaga ideologi negara.

Kesimpulan

19 Desember diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dalam peringatan ini, masyarakat diingatkan akan pentingnya menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara yang menjadi dasar pembangunan bangsa. Oleh karena itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momen yang sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memperkuat rasa nasionalisme dan cinta tanah air.