10 Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Pendahuluan

Jurusan Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang menawarkan berbagai peluang karir menarik di dunia global. Namun, untuk dapat diterima di jurusan ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 syarat masuk jurusan hubungan internasional yang perlu Anda ketahui.

1. Lulusan SMA atau Sederajat

Syarat pertama untuk masuk ke jurusan hubungan internasional adalah Anda harus lulus dari SMA atau sederajat. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas, Anda dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana di jurusan ini.

2. Nilai Rata-rata yang Memadai

Selain lulus, Anda juga perlu memiliki nilai rata-rata yang memadai. Setiap universitas memiliki standar nilai yang berbeda, namun sebaiknya Anda memiliki nilai yang cukup baik di mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Sejarah, Ekonomi, dan Politik.

3. Kemampuan Bahasa Inggris yang Baik

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan dalam dunia hubungan internasional. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik untuk dapat diterima di jurusan ini. Beberapa universitas juga mengharuskan Anda memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS.

4. Memiliki Pengetahuan tentang Politik dan Ekonomi Global

Untuk dapat berhasil di jurusan hubungan internasional, Anda perlu memiliki pengetahuan yang memadai tentang politik dan ekonomi global. Menguasai isu-isu global dan perkembangan terkini di dunia internasional akan menjadi nilai tambah bagi Anda.

5. Kemampuan Analisis yang Tajam

Jurusan hubungan internasional melibatkan analisis yang mendalam tentang hubungan antarnegara dan isu-isu global. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki kemampuan analisis yang tajam untuk dapat sukses di jurusan ini.

6. Minat dan Ketertarikan dalam Urusan Internasional

Penting untuk memiliki minat dan ketertarikan yang kuat dalam urusan internasional jika Anda ingin masuk ke jurusan ini. Jurusan hubungan internasional akan melibatkan studi tentang berbagai isu global, diplomasi, dan hubungan internasional antarnegara.

7. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang baik adalah salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa hubungan internasional. Anda akan belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak, termasuk diplomat, pejabat pemerintah, dan masyarakat internasional.

8. Keterampilan Diplomasi

Sebagai mahasiswa hubungan internasional, Anda perlu mengembangkan keterampilan diplomasi yang baik. Keterampilan ini meliputi negosiasi, mediasi, dan pemecahan konflik antarnegara.

9. Pengalaman Internasional

Pengalaman internasional dapat menjadi nilai tambah dalam melamar jurusan hubungan internasional. Pengalaman seperti bergabung dengan organisasi internasional, mengikuti pertukaran pelajar, atau magang di lembaga internasional akan memberikan wawasan dan pengalaman berharga.

10. Surat Rekomendasi

Beberapa universitas mungkin meminta Anda untuk menyertakan surat rekomendasi dari guru atau dosen sebagai bagian dari persyaratan penerimaan. Pastikan Anda meminta surat rekomendasi kepada seseorang yang dapat memberikan gambaran positif tentang kemampuan dan potensi Anda dalam bidang hubungan internasional.

Kesimpulan

Demikianlah 10 syarat masuk jurusan hubungan internasional yang perlu Anda ketahui. Persiapkan diri Anda dengan baik dan pastikan memenuhi semua persyaratan tersebut untuk dapat diterima di jurusan yang menarik ini. Selamat mencoba!