10 Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Hubungan internasional adalah bidang studi yang mempelajari interaksi antara negara, organisasi internasional, dan aktor non-negara lainnya. Di Indonesia, terdapat banyak perguruan tinggi yang menawarkan program studi hubungan internasional dengan kualitas yang baik. Berikut ini adalah 10 jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia:

1. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Program studi ini fokus pada pemahaman tentang politik internasional, diplomasi, hukum internasional, dan ekonomi global. Dosen-dosennya memiliki pengalaman yang luas dan program ini menawarkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pertukaran pelajar internasional.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) juga termasuk yang terbaik di Indonesia. Program studi ini menekankan pada pemahaman tentang isu-isu global, organisasi internasional, dan diplomasi. Mahasiswa di UGM juga memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke berbagai universitas di luar negeri.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad menawarkan program studi Hubungan Internasional yang memiliki kurikulum yang komprehensif. Mahasiswa Unpad dibekali dengan pemahaman tentang politik luar negeri, diplomasi, ekonomi internasional, dan hukum internasional. Program studi ini juga memberikan kesempatan magang di lembaga-lembaga terkait.

4. Universitas Airlangga (Unair)

Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Airlangga (Unair) merupakan salah satu yang paling populer di Surabaya. Program studi ini fokus pada pemahaman tentang politik global, perdagangan internasional, dan kebijakan luar negeri. Mahasiswa Unair juga memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke berbagai universitas di luar negeri.

5. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip menawarkan program studi Hubungan Internasional yang memiliki kurikulum yang komprehensif. Mahasiswa Undip dibekali dengan pemahaman tentang politik internasional, diplomasi, perdagangan internasional, dan organisasi internasional. Program studi ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan bahasa asing.

6. Universitas Brawijaya (UB)

Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Brawijaya (UB) juga termasuk yang terbaik di Indonesia. Program studi ini menekankan pada pemahaman tentang politik internasional, diplomasi, dan organisasi internasional. Mahasiswa UB juga memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke berbagai universitas di luar negeri.

7. Universitas Parahyangan (Unpar)

Unpar menawarkan program studi Hubungan Internasional yang memiliki kurikulum yang komprehensif. Mahasiswa Unpar dibekali dengan pemahaman tentang politik internasional, diplomasi, dan perdagangan internasional. Program studi ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan bahasa asing dan penelitian.

8. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Pelita Harapan (UPH) juga termasuk yang terbaik di Indonesia. Program studi ini menekankan pada pemahaman tentang politik internasional, diplomasi, dan ekonomi global. Mahasiswa UPH juga memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke berbagai universitas di luar negeri.

9. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Unhas menawarkan program studi Hubungan Internasional yang memiliki kurikulum yang komprehensif. Mahasiswa Unhas dibekali dengan pemahaman tentang politik internasional, diplomasi, dan perdagangan internasional. Program studi ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan bahasa asing dan penelitian.

10. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) juga termasuk yang terbaik di Indonesia. Program studi ini menekankan pada pemahaman tentang politik internasional, diplomasi, dan organisasi internasional. Mahasiswa UMY juga memiliki kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke berbagai universitas di luar negeri.

Kesimpulan

Itulah 10 jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia. Setiap perguruan tinggi tersebut menawarkan program studi yang komprehensif dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman tentang isu-isu global. Pilihan jurusan hubungan internasional yang tepat dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan karir di bidang diplomasi, politik internasional, ekonomi global, dan organisasi internasional. Memilih perguruan tinggi yang tepat adalah langkah awal yang penting untuk meraih kesuksesan di bidang ini.